PUBLIC RELATIONS SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT ISLAM LEMBAGA AMIL ZAKAT DAARUT TAUHIID PEDULI KOTA METRO

ORIZA, AGUSTIN (2021) PUBLIC RELATIONS SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT ISLAM LEMBAGA AMIL ZAKAT DAARUT TAUHIID PEDULI KOTA METRO. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of 1614306294858.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of 1614306294925.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji fungsi public relations secara mendalam dan menemukan solusi tentang public relations sebagai strategi komunikasi dakwah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat islam pada lembaga amil zakat Daarut Tauhiid peduli kota Metro. Pentingnya strategi komunikasi yang sesuai dan efektif dalam menarik serta meningkatkan jumlah donatur menghendaki agar tujuan dan pesan dakwah serta pelaksanaan program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan lancar serta mampu menjadi solusi masalah fungsi public relations dari Daarut Tauhiid Peduli Kota Metro yang selama ini masih bargantung di pusat. Melihat besarnya potensi zakat, infak dan sedekah yang ada dikota Metro nantinya strategi komunikasi dakwah melalui public relations yang dilakukan dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya zakat, infak dan sedekah serta meningkatkan jumlah donatur. Semakin banyak kepercayaan masyarakat maka program pemberdayaan ekonomi masyarakat akan dapat berjalan dengan lancar dan kedepan semakin banyak mayarakat yang lemah akan diberdayakan menjadi mandiri dan sejahtera serta mampu menjadi donatur di masa mendatang. Penelitian ini merupakan Jenis Penelitian lapangan dengan tipe studi kasus dengan sumber data primernya manajemen lembaga, donatur dan mustahik kemudian pemilihan informan dengan cara snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawacara dilakukan dengan tidak terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara serta analisis data penelitian bersifat deskriptif. Hasil penelitian mengkaji serta menemukan fungsi korektif maupun fungsi konstruktif public relations yang sesuai dan efektif sebagai solusi dari permasalahan strategi komunikasi dakwah yang dilakukan Daarut Tauhiid peduli kota Metro yang disebut teras komunal. Dengan mengusung semboyan “One Donors One Space”. Teras komunal merupakan salah fungsi public relations yang merupakan gerakan dari sebuah komunitas yang terbentuk dari berbagai lapisan masyarakat berupa keterlibatan institusi pendidikan, organisasi/komunitas, LSM, dan NGO dalam membangun interaksi sosial, sosialisasi program baik secara online maupun offline. Disini berbagai gagasan, temuan, ide, inovasi di “darat” kan dengan kesedian mereka untuk ikut berperan aktif sebagai fungsi pulic relation yang menjembatani dan mengusung program Daarut Tauhiid Peduli Kota Metro agar Daarut Tauhiid Peduli tidak lagi sebagai “Single Economy Fighter” tetapi menjadi “Sharing Economy Fighter”. Kata kunci: Public relations, Strategi Komunikasi Dakwah, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, ZISWA vABSTRACT This qualitative research aims to examine the function of public relations in depth and find solutions as a da'wah communication strategy in the economic empowerment of the Islamic community at the amil zakat Daarut Tauhiid Peduli, Metro City. The importance of da‟wah communication strategy which appropriate and effective to attract in increasing the number of donors require the purpose of strategy as well as the implementation programs of empowerment economic society can be able as the solution of the problem in public relations functions in Daarut Tauhiid Peduli Metro City. However, seeing the magnitude of potential charity, da‟wah communications strategy through public relations are conducted to persuade the public about the important of charity, donation and charity as well as increase the number of donors by doing empowerment in economy. The increasing in trust of society will affect the economic empowerment community able to run very well. The receiver of fund will be empowered to become self- sufficient and prosperous. Hopefully, they able to become donors in the future. The type of research is field research with a case study type with the primary data sources being institutional management, donors and mustahik then selecting informants by means of snowball sampling. However, collecting data used by interviewing techniques, observation and documentation. Interview conducted with no structured by using guidance interviews. The analysis research data is descriptive. The results of the study examines in finding corrective and constructive functions of public relations are appropriate and effective as the solution of problems of da‟wah communication strategy done Daarut Tauhiid Peduli Metro City which is called Teras Komunal. By carrying the motto "One Donors One Space", Teras Komunal is one representative functions of public relations as the action of a community that are formed from various society layers in the form of involvement the institution of education, organization/ community, and NGOs which is establishing the interaction of social, socialization program either in online or offline. In here, several of ideas, findings and innovation are “landed" right by the willingness of them to participate and contribute actively as the representatives of Public relations functions that carries the program of Daarut Tauhiid Peduli Metro City. The last, it no longer as "Single Economy Fighter”but it will become “Sharing Economy Fighter”. Public relations, Da’wah Communication Strategy, Economic Keywords: Empowerment Community, ZISWA viثحبلا صلختسم لح دايجإو ةماعلا تاقلاعلا فئاظول ةقمعتم ةسارد لىإ فدهي يعون ثبح وه ثحبلا اذه في يملاسلإا عمتجملل يداصتقلاا ينكمتلا في ةيوعدلا تلااصتلاا ةيجيتاتًساك ةماعلا تاقلاعلل ةبسانلدا تلااصتلاا ةيجيتاتًسا ةيهمأ نإ.وتًم ةنيدبم ةييرلخا ليودب ديحوتلا راد ةاكزلا لماع ةسسؤم ذيفنت كلذكو اتهلااسرو ةوعدلا فادهأ نوكت نأ بلطتت ينعبرتلدا ددع ةديازو بذج في ةلاعفلاو فئاظو تلاكشلد ًلاح نوكتو ةسلاسب يرست نأ نم نكمتت عمتجملل يداصتقلاا ينكمتلا جمرا ب لىإ رظنلباو .يسيئرلازكرلدا ىلع دمتعت لازت لا تيلا وتًم ةنيدبم ديحوتلا راد في ةماعلا تاقلاعلا تلااصتلاا ةيجيتاتًسا نإف ،وتًم ةنيدم في ةدوجولدا ةقدصلاو قافنلإاو ةاكزلل ةيربكلا تنااكملإا ةاكزلا ةيهمبأ ةيارد ىلع عمتلمجا لعتج نأ نم نكمتت ةماعلا تاقلاعلا للاخ نم دعب اميف ةيوعدلا يداصتقلاا ينكمتلا جمناربيرسيس ،عمتلمجا ةقث تداز املك .ينعبرتلدا ددع ةديازو ةقدصلاو قافنلإاو نيرهدزمو ينلقتسم اوحبصيل ءافعضلا نم ديزلدا ينكتم متيس لبقتسلدا فيو ةسلاسب عمتجملل عون وهو ةيناديلدا ثوحبلا نم عون ثحبلا اذه .لبقتسلدا في ينعبرتلدا نم اونوكي نأ ىلع نيرداقو تم .ينقحتسلداو ينعبرتلداو ةيسسؤلدا ةرادلإا يه ةيلولأا تناايبلا رداصم نوكت ثيح ةلالحا ةسارد ةلباقلدا تاينقت مادختسبا تناايبلا عجم تم ثلا ةرك تانيع ذخأ قيرط نع نيبرخلدا رايتخا ليلتحو ةلباقلدا تاداشرإ مادختسبا ةمظنم يرغ ةقيرطب تلاباقلدا تيرجأ .قيثوتلاو ةظحلالداو ةءانبلاو ةيحيحصتلا فئاظولا دايجإو ةسارد يه ثحبلا اذه ةجيتن .يفصولا ثحبلا تناايب راد اتهذفن تيلا ةيوعدلا تلااصتلاا ةيجيتاتًسا تلاكشلد لحك ةماعلا تاقلاعلل ةلاعفلاو ةبسانلدا One " راعش لحم للاخ نم ةكتًشلدا ةفرشلا ىمست تيلا وتًم ةنيدبم ةييرلخا ليودب ديحوتلا عمتلمجا ةكرح يهو ةماعلا تاقلاعلا فئاظو دحإ يه ةكتًشلدا ةفرشلا ."Donors One Space ةيميلعتلا تاسسؤلدا ةكراشم لكش في عمتلمجا نم ةفلتمخ تياوتسم نم نوكتت تيلا ةئشنتلا جماربو ةيعامتجلاا تلاعافتلا ءانب في ةيموكلحا يرغ تامظنلداو تاعمتلمجا/تامظنلداو جئاتنلاو راكفلأا نم ديدعلا قيقتح انه متي .اهجراخ وأ تنتًنلإا برع ءاوس ةيعامتجلاا لمتحو طبرت تيلا ةماعلا تاقلاعلا فئاظوك طشن رودب مايقلل مهدادعتسا للاخ نم تاراكتبلااو ةسسؤلدا هذه نوكت لا تىح وتًم ةنيدبم ةييرلخا ليودب ديحوتلا راد ةسسؤم جمنارب يداصتقلاا ينكمتلا ،ةيوعدلا تلااصتلاا ةيجيتاتًسا ، ةماعلا تاقلاعلا :ةيساسلأا تاملكلا فقولاو ةقدصلاو قافنلإاو ةاكزلا ، عمتجملل

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:15
Last Modified: 22 Mar 2021 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13483

Actions (login required)

View Item View Item