MODEL PEMBERDAYAAN PEMUDA USIA PRODUKTIF PADA KELUARGA MISKIN (Studi Kritis Pada Rumah Gemilang Indonesia (RGI) LAZNAS Al-Azhar Sawangan-Depok)

Kholid, Hidayatullah (2021) MODEL PEMBERDAYAAN PEMUDA USIA PRODUKTIF PADA KELUARGA MISKIN (Studi Kritis Pada Rumah Gemilang Indonesia (RGI) LAZNAS Al-Azhar Sawangan-Depok). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Disertasi.pdf] PDF
Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Rumah Gemilang Indonesia adalah sebuah lembaga masyarakat yang didirikan oleh LAZ Al-Azhar yang memiliki fokus terhadap pemberdayaan masyarakat (pemuda Usia Produktif ) melalui pendidikan dan pelatihan keterampilan dalam berbagai bidang. Disamping melatih skill, program ini juga mengarahkan, membina, dan memberikan akses dan kesempatan dalam berwirausaha atau berkarir serta menanamkan prinsip-prinsip hidup mandiri, berkepribadian Islami sesuai tujuan Rumah Gemilang Indonesia. Disertasi ini bertujuan merumuskan model pemberdayaan pemuda produktif pada masyarakat miskin study kritis Rumah Gemilang Indonesia LAZ AL-Azhar. Penelitian ini dikaji secara kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Model pemberdayaan Pemuda usia Produktif pada masyarakat miskin melalui progam pemberdayaan yang dibangun dalam penelitian ini mengacu pada kerangka model evaluasi program yang dikembangkan oleh Kaufman dan Thomas (1980). Model ini dipilih karena lebih menekankan pada sebuah sistem, yaitu sistem pemberdayaan yang meliputi input, proses, output dan outcome. Hasil penelitian ini menunjukan Model pemberdayaan yang disusun oleh RGI LAZ Al-azhar menggunakan pendekatan yaitu memadukan konsep balai latihan kerja dalam bentuk short course dengan platform pesantren. Sehingga dalam pelaksanaannya materi yang diajarkan pada Proses Pemberdayaan melalui dua pendekatan yaitu life skill dan spiritual skill. Proses pemberdayaan pemuda melalui life skill pada keluarga miskin yang dilakukan oleh RGI melalui tiga tahap yaitu: 1. proses penyadaran, 2. Proses pentransformasian 3. Proses peningkatan kemampuan intekektual dan kecakapan keterampilan. Proses pemberdayaan Pemuda melalui Spiritual skill pada keluarga miskin yang dilakukan oleh RGI melalui 3 tahap yaitu : 1 penyadaran melalui kegiatan bedah diri dan karakter 2. Pelaksanaan progam spiritual care community melalui kegiatan rutinitas ibadah harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan. 3. Evaluasi Kata kunci: Masyarakat Miskin, Model Pemberdayaan, pemuda produktif, mental Spiritual. iiiABSTRACT Rumah Gemilang Indonesia is a community institution founded by LAZ Al-Azhar which has a focus on community empowerment (youth) through education and skills training in various fields. Besides training skills, this program also directs, fosters, and provides access and opportunities in entrepreneurship or career as well as instilling the principles of independent living, Islamic personality according to the goals of Rumah Gemilang Indonesia. This dissertation aims to formulate a model of productive youth empowerment in the poor of the critical study of LA Gem AL Indonesia Azhar House. This research was studied qualitatively. Data collection methods are done by interview, observation, and documentation. Data analysis uses interactive analysis of the Miles and Huberman models. The model of empowering the poor through the Productive Youth empowerment program developed in this study refers to the framework of the program evaluation model developed by Kaufman and Thomas (1980). This model was chosen because it places more emphasis on a system, which is an empowerment system that includes inputs, processes, outputs and outcomes. The results of this study indicate the empowerment model compiled by RGI LAZ Al-Azhar uses an approach that combines the concept of a work training center in the form of a short course with a boarding school platform. So that in its implementation the material taught in the Empowerment Process through two approaches, namely life skills and spiritual skills. The process of empowering youth through life skills in poor families is carried out by RGI through three stages, namely: 1. awareness process, 2. transformation process 3. process of increasing intellectual abilities and skill proficiency. The process of youth empowerment through spiritual skills in poor families is carried out by RGI through 3 stages, namely: 1 awareness through self and character surgery activities 2. Implementation of spiritual care community programs through daily worship routines, weekly activities, monthly activities. 3. Evaluation Keywords: Poor Community, Empowerment Model, productive youth, mental and spiritual. ivثحبلا صخلم عمتلمجا ينكتم ىلع زكرت تيلاو رىزلأا ةاكزلا ةسسؤم اىأشنأ ةيعمتمج ةسسؤم يى ايسينودنإ جنلايميج تيب وجوي ، بيردتلا تاراهم بناج لىإ .تلاالمجا فلتمخ في تاراهلما ىلع بيردتلاو ميلعتلا للاخ نم )بابشلا( ةايلحا ئدابم سرغ للاخ نم ةينهلما ةايلحا وأ لامعلأا ةداير في صرفلاو لوصولا رفويو ززعيو اضً يأ جمانبرلا اذى فادىلأ اقًفو ةيملاسلإا ةيصخشلاو ةلقتسلما جذونم ةغايص لىإ ةلاسرلا هذى فدته .ايسينودنإ جنلايميج تيب متت .ايعون ثحبلا اذى شقاني .ايسينودنإ جنلايميج هامور دقتنت تيلا ةئيسلا ةساردلا في جتنلما بابشلا ينكمتل جمانرب للاخ نم فيعضلا عمتلمجا ينكتم جذونم يرشي .قيثوتلاو ةظحلالماو ةلباقلما قيرط نع تانايبلا عجم قرط ساموتو نامفوك هروط يذلا جمان برلا مييقت جذونم راطإ لىإ ةساردلا هذى في هريوطت تم يذلا جتنلما بابشلا ينكتم تلاخدلما نمضتي ينكتم ماظن وىو ، ماظن ىلع بركأ لكشب زكري ونلأ جذومنلا اذى رايتخا تم .)٠٨٩١( .جئاتنلاو تاجرخلماو تايلمعلاو وحنلا ىلع جتنلما بابشلا ينكتم جمانرب للاخ نم ءارقفلا ينكمتل جذونم ةغايص نع ةساردلا هذى جئاتن ترفسأ ةيلاسمأرلا ، يرشبلا لالما سأر ، ةيداصتقلاا ةمصاعلا ، يدالما لالما سأر ينكمتلا تلاخدم لمشت ، ًلاوأ :لياتلا ةدايرو ةدايقلا( يدايرلا يعولا ءانبو ، ةيناحورلا ءانب نم يداصتقلاا ينكمتلا ةيلمع أدبت ، ايًناث ةيعامتجلاا ، ةيرشبلا ةيمنتلا ينكمتلا جتان لمشي ، ًاثلاث .ةطلسلا ءاطعإ لىإ )تاردقلا ءانب( ةردقلا ءاطعإو ، )لامعلأا بابشلل يداصتقلاا ينكمتلا يى ينكمتلا ةجيتن نإ ، ًاعبرا .ةيسسؤلما ةيمنتلاو ، ةيئيبلا ةيمنتلاو ، لامعلأا ةيمنتو تاسراملما ساسأ ىلع نوقوثومو ءانمأ لامعأ لاجرو قلاخأ مهيدل نيذلا ةرهلما لامعلا نيوكت في ىلجتي يذلا نم لاقتنا كانى نوكي ثيبح يداصتقلاا زيزعتلاب زيمتي يذلا بابشلا ةيىافر / للاقتسلاا قيقتحو ، ةيوقلا ةينيدلا ، ىرخأ تاسسؤم عم اىؤاشنإ تم تيلا تاكبشلا نم يربكلا ددعلا ببسب لامعلأا ةمادتسا ، يكزم لىإ قحتسم .تاذلا ريوطتل تاكرشلاو لمعلا صرف لىإ لوصولا ةلوهس وأ رفاوتو .ةيحورلا و ةيلقعلا، جتنم بابش ، نيكمت جذومن ، ريقف عمتجم : ةيسيئرلا تاملكلا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:46
Last Modified: 22 Mar 2021 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13481

Actions (login required)

View Item View Item