IMPLEMENTAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SD NEGERI 1 PRINGSEWU UTARA

PEGI, NURISZKA (2021) IMPLEMENTAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SD NEGERI 1 PRINGSEWU UTARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PEGI NURISZKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kondisi Indonesia saat ini telah terpapar oleh virus baru yang dinamakan coronavirus atau covid-19 dengan begitu ruang gerak manusia terganggu karena adanya kebijakan-kebijakan pemerintah seperti PSBB, Social Distancing. Inovasi terkait pembelajaran yang dilakukan dari rumah para guru mulai memberlakukan pembelajaran daring atau dalam jaringan, beberapa sekolah pun telah melakukan sistem pembelajaran daring.Dengan demikian peneliti akan mengangkat judul “ Implementasi Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Terpadu SD Negeri 1 Pringsewu Utara”. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah “Implementasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik terpadu SD Negeri 1 Pringsewu Utara”. Rumusan masalah pada penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik terpadu SDN 1 pringsewu Utara ?, peneliti ingin mengetahui bagaimana hasil belajar yang didapat oleh siswa ketika pembelajaran tematik terpadu dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik terpadu SD Negeri 1 Pringsewu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas IV yaitu Ibu Yuningsih, S. Pd.Ibu Lili Susanti, Ibu Dewi Sumiati dan Ibu Lasinem Teknik pengumpulan data pada penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukang dengan Triangulasi teknik dan Trianggulasi sumber. Dari hasil penelitian yang didapat dalam komponen RPP tematik terpadu terdapat beberapa komponen yang tidak dicantumkan namun hal tersebut tidak menjadi masalah hal ini dikarenakan terdapat surat edaran penyederhanaan RPP, kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran tematik yang dilakukan secara daring guru menggunakanan aplikasi WhatsApp yang dijadikan sebagai wadah untuk guru dan siswa melakukan proses pembelajaran, namun guru mendapat kendala dalam penyampaian konsep materi sehingga guru hanya dapat memberikan tugas sedangkan materi hanya berupa buku paket yang sudah dimiliki oleh siswa. Terkait dengan hasil belajar siswa permasalahan tersebut tidak mempengaruhi hasil belajar siswa, hal ini dikarenakan dalam pembelajaran daring siswa dapat leluasa mendapatkan sumber belajar sehingga tidak terpaku oleh penjelasan yang di berikan oleh guru, hal-hal tersebut yang mengakibatkan meningkatnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pringsewu Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:10
Last Modified: 22 Mar 2021 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item View Item