MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) GABUNGAN USAHA PERBAIKAN PENDIDIKAN INDONESIA (GUPPI) KALIBALANGAN LAMPUNG UTARA

Khoiriyah, Lisyati (2017) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) GABUNGAN USAHA PERBAIKAN PENDIDIKAN INDONESIA (GUPPI) KALIBALANGAN LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Khoiriyah.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar mengajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu diantaranya adalah tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai disertai pemanfaatan dan pengelolaan secara optimal. Selama ini masih sering ditemukan banyak sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki oleh madrasah tidak optimal penggunaannya dan bahkan tidak dapat lagi digunakan sesuai dengan fungsinya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut penulis melakukan studi di MI GUPPI Kalibalangan, Lampung Utara bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam mencapai prestasi belajar peserta belajar peserta didik di MI GUPPI Kalibalangan Lampung Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang prestasi belajar peserta didik di MI GUPPI Kalibalangan, Lampung Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan metode interview, metode observasi, metode dokumentasi dan nantinya akan diperoleh data primer dan sekunder untuk kemudian di analisis guna mendapatkan suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang prestasi belajar siswa di MI GUPPI Kalibalangan, Lampung Utara sudah cukup baik. Hanya saja pada proses pengadaan sarana, pemanfaatan atau pemakaian dan penghapusan, pengadaan sarana yang dilakukan oleh kepala madrasah belum sepenuhnya terealisasi dengan maksimal. Selanjutnya dalam proses pemanfaatan atau pemakaian sarana. Kemudian dalam proses penghapusan sarana tidak dilakukan dengan sebagaimana mestinya. Namun dengan keterbatasan manajemen sarana yang dilakukan oleh kepala madrasah, tidak menurunkan tigkat prestasi belajar siswa dan menjadi lemahnya semangat juang belajar siswa-siswi untuk mendapatkan prestasi belajar yang lebih baik di MI GUPPI Kalibalangan Lampung Utara tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Sep 2017 06:35
Last Modified: 14 Sep 2017 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item View Item