ANALISIS SWOT FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kedaton Bandar Lampung dan PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang Bandar Lampung)

LUCKY, ADES TIYAN (2021) ANALISIS SWOT FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kedaton Bandar Lampung dan PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada dewasa ini perkembangan teknologi terjadi begitu pesat. Perkembangan teknologi ini juga merambah pada bidang keuangan dengan munculnya era baru yang disebut dengan Financial Technology (Fintech). Fintech merupakan istilah dari inovasi pada jasa keuangan. Rancangan penerapan Fintech menyesuaikan pada pertumbuhan teknologi yang dikombinasikan pada bidang finansial di lembaga perbankan dan diharapkan dapat mengakomodasi berbagai transaksi keuangan. Untuk itu analisis SWOT menjadi suatu metode yang dapat menganalisis rencana strategis untuk mengkaji kualitas pelayanan perbankan, sehingga diharapkan dapat mengurangi kelemahan semaksimal mungkin yang terdapat dalam Perbankan Syariah dalam menekan berbagai ancaman yang mungkin ada, juga melihat kekuatan Bank Syariah agar dapat menangkap peluang yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pelayanan berbasis Fintech yang diberikan telah berkualitas diimplementasikan oleh PT. Bank Mandiri Syariah KCP Kedaton Bandar Lampung dan PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang Bandar Lampung melalui metode analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekan deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai pada dua Bank Syariah tersebut dan 30 nasabah dari tiap sampel penelitian. Penulis mengambil data dari penyebaran kuesioner untuk mengukur kondisi internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) serta melakukan wawancara dengan customer service untuk melihat sejauh mana implementasi pelayanan berbasis Fintech pada kedua Bank Syariah yang dijadikan objek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah penghitungan manual dengan menggunakan pengukuran pada faktor internal (IFAS) dan eksternal (EFAS), kemudian dengan menghitung pada faktor internal´┐Żekternal untuk mengetahui posisi kuadran SWOT Bank Syariah. Selain itu, mengukur persepsi nasabah dengan menggunakan teknik rentang skala untuk melihat dimensi kualitas pelayanan berbasis Fintech pada Bank Syariah. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT. Bank Mandiri Syariah KCP Kedaton Bandar Lampung dan PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang Bandar Lampung berada pada posisi kuadran 2 dimana ini berarti Bank Syariah harus menggunakan strategi diversifikasi. Sedangkan untuk kualitas pelayanan berdasarkan persepsi nasabah, PT. Bank Mandiri Syariah KCP Kedaton Bandar Lampung dinilai sangat puas dan PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang Bandar Lampung dinilai puas. Kata kunci: Fintech, SWOT, Kualitas Pelayanan, Kuadran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:51
Last Modified: 17 Mar 2021 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13428

Actions (login required)

View Item View Item