PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERENTIAL LEARNING BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH

KHOFIYATUN, NUR PUTRI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERENTIAL LEARNING BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra survei yang telah dilakukan di SMA Negeri 6 Bandar Lampung, dalam pembelajaran Biologi pendidik hanya menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) , sehingga suasana belajar terkesan kaku karena dalam kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru. Jika suasana pembelajaran kaku maka materi yang disampaikan oleh pendidik tidak tersampaikan dengan efektif sehingga membuat peserta didik tidak seutuhnya memahami materi yang telah pendidik sampaikan. Supaya peserta didik dapat memahami materi yang di sampaikan pendidik maka pendidik harus menggunakan perlakuan tambahan dalam menyampaikan materi yang sedang berlangsung. Misalnya, dengan menggunakan bantuan model pembelajaran dan media pembelajaran guna membantu tersampaikannya suatu materi pemebelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Experiential Learning Berbasis Video Animasi Terhadap Kemampuan berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah.pada materi sistem peredaran darah kelas XI IPA di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Pada penelitian kali ini memiliki populasi seluruh peserta didik di kelas XI IPA di SMA N egeri 6. Penelitian ini menggunakan sampel 2 kelas. Kelas Eksperimen 1 XI IPA 3 dan kelas control 1 XI IPA 2. Penelitian kali ini tergolong dalam penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment), metode yang digunakan dalam penelitian kali ini menggunakan metode kuantitatif . Hasil Uji-t tentang Kemampuan Berpikir Kritis diketahui bahwa thitung = 6.275 dan ttabel = 2.009 dengan thitung > ttabelsehingga H1 diterima. Sedangkan untuk Sikap Ilmiah diketahui bahwa thitung = 8,026 dan ttabel = 2.004 dengan thitung > ttabel sehingga H1 diterima. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Experiential Learning berbasis video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmah peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan pembelajaran Experiential Learning dapat memberikan hasil yang lebih efektif daripada model konvensional. Kata Kunci : Experiential Learning, Konvensional, Video Animasi Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Mar 2021 16:34
Last Modified: 16 Mar 2021 16:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13419

Actions (login required)

View Item View Item