PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA PANGUDI LUHUR BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

DINDA, ANDRIANI IRIANITA (2021) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA PANGUDI LUHUR BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan konseling tidak terlepas dari masalah yang dihadapi oleh peserta didik di sekolah. Penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Peserta Didik Kelas X di SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020” bertujuan untuk melihat apakah pelaksanaan bimbingan belajar dengan menggunakan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan belajar peserta didik. Baik keterampilan membaca, keterampilan menulis atau mencatat, keterampilan mendengarkan, keterampilan menghafal atau mengingat, keterampilan berbicara, keterampilan menghadapi tes, keterampilan berpikir kritis, keterampilan mengelola waktu, dan keterampilan konsentrasi. Bimbingan belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan kepada peserta didik dalam menyelesaikan masalah – masalah belajar yang dihadapi peserta didik, sehingga tujuan dari belajar akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan belajar sebelum dan sesudah diberikan treatment bimbingan belajar dengan menggunakan bimbingan kelompok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif pre-eksperimental design (one group pretest�posttest design). Subjek penelitian ini sebanyak 15 peseta didik, 8 peserta didik dengan kategori rendah dan 7 peserta didik dengan kategori sedang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala keterampilan belajar. Berdasarkan hasil post test skala keterampilan belajar rata – rata skor yaitu 26,33% di kategori sedang dan 73,33% di kategori tinggi dan hasil analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon (uji z) maka nilai Zhitung yang di dapat sebesar -2.805 mean 82.20 dengan nilai minimum pre test 75 dan nilai maksimum 90. Setelah melakukan post test hasilnya mengalami penurunan yaitu dengan nilai minimum 32 dan nilai maksimum sebesar 53. Nilai Ztabel adalah 0.4978. jadi Zhitung sebesar -2.805 dan Ztabel sebesar 0.4978 artinya Zhitung < Ztabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil yang di dapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar dalam meningkatkan keterampilan belajar sebelum dan setelah diberikan treatment. Dengan demikian “Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar Dapat Meningkatkan Keterampilan Belajar Peserta Didik Kelas X di SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Mar 2021 16:27
Last Modified: 16 Mar 2021 16:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13418

Actions (login required)

View Item View Item