Maulana, Reza (2017) IMPLEMENTASI REINFORCEMENT POSITIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AL-KHAIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan teknik reinforcement positif dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi deskriptif. Subjek penelitian sebanyak satu orang guru dan tujuh siswa yang memiliki kemampuan penyesuaian diri rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya hasil pengumpulan data dilakukan pembahasan dengan mengkonstruksi dan membandingkan temuan lapangan dengan teori yang ada. Langkah selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan reinforcement positif yang dilakukan guru BK berdasarkan observasi, wawancara dan studi dokumentasi penerapannya masih kurang maksimal serta kurang efektif karena apa yang diterapkan oleh guru BK lebih banyak konseling kelompok dan hanya sesekali saja menerapkan prosedur dan langkah-langkah reinforcement positif. Ini terjadi karena penguasaan guru BK terhadap reinforcement positif masih kurang. Selain itu belum ada pengalaman sebelumnya dalam menerapkan reinforcement positif sehingga yang terjadi lebih banyak konseling kelompok yang dipandu langsung oleh guru BK. Masih minimnya pemanfaatan dokumentasi dalam proses layanan konseling, dimana guru BK hanya mengandalkan dokumen tertulis berupa materi konseling dan kurang diperkaya dengan dokumen visual atau audioviosual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 01:53 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 01:53 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1341 |
Actions (login required)
View Item |