PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARASI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MEMBAYAR ZAKAT (Studi di BAZNAS Bandar Lampung dan BAZNAS Lampung Tengah)

INTAN SURI MAHARDIKA PERTIWI, PER (2021) PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARASI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MEMBAYAR ZAKAT (Studi di BAZNAS Bandar Lampung dan BAZNAS Lampung Tengah). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of INTAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang terdapat di Asia Tenggara dan memiliki jumlah masyarakat muslim dengan jumlah mayoritas. Salah satu provinsi yang ada di negara Indonesia yakni Provinsi Lampung. Lampung merupakan provinsi yang ada di ujung sumatera. Mengacu pada data BPS pada 2019 Lampung memiliki penduduk sebesar 8.447.000 jiwa dengan jumlah muslim sebesar 93,55 %. Mengacu data pada BAZNAS potensi zakat sebesar 1,8 T dalam kurun waktu setahun akan tetapi total zakat didapatkan sebesar 1,15 M Artinya, dibandingkan0dengan potensi0 0yang besar pengumpulan zakat masih belum optimal. Pada penelitian ini Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah akuntabilitas berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat membayar zakat di BAZNAS Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Tengah ? apakah transparasi berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat membayar zakat di BAZNAS Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Tengah? apakah kepercayaan berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat membayar zakat di BAZNAS Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Tengah ? dan apakah akuntabilitas transparasi dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap minat masyarakat membayar zakat di BAZNAS Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Tengah ? Penelitianini digolongkan sebagai penelitian lapangan (field research) data yang digunakan yakni data primer dengan mengacu kuisioner serta mengunakan data sekunder didapatkan melalui dokumentasi. Populasi yang digunakan yakni masyarakat Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Tengah. Metode penarikan sampel yakni metode 100 sampel di Kota Bandar Lampung dan 100 sampel di Kabupaten Lampung tengah. Dengan total sampel keseluruhan sebanyak 200 sampel dan dianalisis dengan SPSS 20. Akuntabilitas, transparasi dan kepercayaan secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap minat masyarakat membayar zakat di Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Tengah. Secara parsial nilai t hitung masing-masing variabel lebih besar dari pada t tabel. Secara simultan nilai F hitung Kota Bandar Lampung (1019 > 2, 70) dan nilai F hitung Kab. Lampung Tengah ( 130 > 2, 70 ) nilai tersebut menyatakan bahwa Ho ditolak maka Ha dapat diterima yang memiliki arti bahwa akuntabilitas, transparasi serta kepercayaan mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap minat membayar zakat di BAZNAS Kota Bandar Lampung dan BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:44
Last Modified: 12 Mar 2021 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13409

Actions (login required)

View Item View Item