Pengaruh Model Pembelajaran Novick Berbantu Modul Berbasis PQ4R Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik

Nurul, Latifah (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Novick Berbantu Modul Berbasis PQ4R Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis diperlukan dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh pendidik, berdasarkan pra survey yang dilakukan ditemukan bahwa 76 dari 129 peserta didik yang mendapat nilai kurang dari KKM < 70. Permasalahan dari penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP Negeri 2 Semaka, disebabkan karena tingkat konsentrasi peserta didik tidak maksimal dalam mengikuti pembelajaran, lingkungan yang tidak mendukung sehingga peserta didik menjadi malas belajar. Model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik masih kurang tepat dan monoton, sehingga peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pangaruh pada model Novick berbantu modul berbasis PQ4R terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini yaitu Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Semaka dengan total 4 kelas, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak (Random). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa soal tes esay pada kelas dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan model Novick berbantu modul berbasis PQ4R, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat, yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis statistik, yaitu menggunakan uji MANOVA. Menurut hasil analisis dan diskusi data penelitian, terdapat pengaruh model Novick berbantu modul berbasis PQ4R terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Karena adanya model Novick berbantu modul berbasis PQ4R bisa menjadikan lingkungan belajar lebih kondusif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpukan bahwa model pembelajaran Novick berbantu modul berbasis PQ4R lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis. Kata kunci: Novick, Modul PQ4R, Pemecahan Masalah Matematis, Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:37
Last Modified: 08 Mar 2021 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13403

Actions (login required)

View Item View Item