IMPLEMENTASI FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL MAJELIS ULAMA INDONESIA NO. 08/DSN-MUI/IV/2000 TENTANG AKAD MUSYĀRAKAH PADA BMT FAJAR BANDAR LAMPUNG

ADI, RAHMADI (2021) IMPLEMENTASI FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL MAJELIS ULAMA INDONESIA NO. 08/DSN-MUI/IV/2000 TENTANG AKAD MUSYĀRAKAH PADA BMT FAJAR BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ADI RAHMADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga keuangan syariah adalah suatu Badan yang kegiatannya di bidang ekonomi, keuangan bank maupun non bank berdasarkan prinsip-prisip Islam. Dari berbagai macam lembaga keuangan syariah yang ada salah satunya adalah BMT Fajar Bandar Lampung. Salah satu produk pembiayaan di BMT Fajar Bandar Lampung adalah pembiayaan dengan akad musyārakah. Dalam dunia perekonomian yang terhitung maju seperti sekarang akad pembiayaan musyārakah seharusnya banyak diterapkan di lembaga keuangan syariah. Di BMT Fajar Bandar Lampung akad pembiayaan musyārakah terhitung banyak diminati oleh nasabah yang mana pembagian keuntungan dan kerugian harus ada saat awal akad. Musyārakah adalah akad kerja sama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu, dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana dengan ketentuan bahwa keuntungan dibagi berdasarkan kesepakatan sedangkan kerugian berdasarkan porsi kontribusi dana. Sekilas akad ini adalah akad yang sesuai syariah, tetapi dalam praktiknya pada lembaga keuangan syariah belum dapat dikatakan bahwa akad musyārakah yang mereka terapkan masih belum sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui pelaksanaan akad musyārakah di BMT Fajar Bandar Lampung yang mana masih banyak nasabah yang merasa belum puas, dan bagaimana kesesuaian praktik fatwa Dewan Syariah Nasional No.08/DSNMUI/IV/2000 di BMT Fajar Bandar Lampung yang benar-benar sudah diterapkan atau belum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan pendekatan studi kasus, pengambilan data dilakukan pada BMT Fajar Bandar Lampung. Sumber data yang diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan cara berfikir deduktif. Setelah itu penulis mendapatkan hasil dari penelitian yang dilakukan di BMT Fajar Bandar Lampung dan dapat disimpulkan, bahwa ada beberapa kesesuaian yang telah praktikan BMT Fajar dalam akad pembiayaan musyārakah di BMT Fajar Bandar Lampung, nam masih ada beberapa hal yang belum sesuai atau ketidaksesuaian praktiknya dalam akad pembiayaaan musyārakah menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No. 08/DSN-MUI/2000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:04
Last Modified: 04 Mar 2021 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13371

Actions (login required)

View Item View Item