EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

Melinda, Dewi Suryani (2021) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang berupa keyakinan akan kemampuan diri seseorang sehingga tidak terpengaruh oleh orang lain dan dapat bertindak sesuai kehendak, gembira, optimis, cukup toleran, dan bertanggung jawab. Teknik REBT atau yang lebih dikenal dengan Rational Emotive Behavior Therapy adalah konseling yang menekankan interaksi berfikir dan akal sehat (rational thingking), perasaan (emosi), dan berprilaku (acting). Teori ini menekankan bahwa suatu perubahan yang mendalam terhadap cara berfikir dapat menghasilkan perubahan yang berarti dalam cara berperasaan dan berperilaku.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yang digunakan yaitu Desain!penelitian yang digunakan!yakni quasi experimental Non- Equivalent Control Group Design.Dengan membandingkan hasil Pre-test dan Post-test.Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai Sig ( 2-tailed) < α yaitu 0,005< 0,05 Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima,. Selain itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan diperoleh harga z hitung = -3.807 kemudian dibandingkan dengan z tabel 0.05 = 1.96 dengan ketentuan harga z hitung lebih besar dari z tabel( -3.807≥ 1.96), maka Ha diterima. Serta hasil Pretest sebelum diberikan treatment yaitu 385 setelah diberikan posttest 1.279. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rasa percaya diri sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Rational Emotive Behavior Therapy.Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata/mean pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama-sama mengalami peningkatan, pada kelompok eksperimen skor pre-test 385 atau rata-rata/mean 38,50 dan skor posttest 1279 atau nilai rata-rata/mean 127,90, sedangkan pada kelompok kontrol skor pre-test 429 atau rata-rata/mean 42,90 dan skor post-test 1084 atau nilai ratarata/mean 108,40. Meskipun kedua kelompok mengalami peningkatan, tetapi pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, hal ini dapat dilihat dari hasil post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (1279 > 1084 atau 127,90> 108,40), dapat disimpulkan bahwa teknik Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT) lebih efektif dibandingkan Re-Inforcement Positif, dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Mar 2021 06:15
Last Modified: 03 Mar 2021 06:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13367

Actions (login required)

View Item View Item