PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR DALAM JARINGAN PADA MAHASISWA DIMASA PANDEMI COVID-19

VINA, MARENTIKA (2021) PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR DALAM JARINGAN PADA MAHASISWA DIMASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP VINA MARENTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK pembelajaran dalam jaringan artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Kejenuhan belajar dalam jaringan adalah kondisi dimana seseorang lelah secara fisik, emosi, kognitif, dan menurunnya motivasi pada diri karena banyaknya tanggung jawab dan tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan serta kurangnya motivasi yang diproleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial terhadap kejenuhan belajar dalam jaringan pada mahasiswa dimasa pandemic Covid-19. Penelitian ini berdasarkan tingkat eksplanasinya (tingkat kejelasannya) digolongkan pada penelitian Asosiatif, dan berdasarkan jenisnya penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Lampung. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling eksidental sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanya 160 mahasiswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode angket. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,789 untuk konsep diri, dukungan sosial yakni 0,464 dan reliabilitas untuk kejenuhan belajar dalam jaringan sebesar 0,896. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan dukungan sosial terhadap kejenuhan belajar mahasiswa di Lampung. Besarnya hubungan dilihat dari regresi linear bergandaNilai constant adalah 41,522, nilai kofesien regresi konsep diri adalah 0,203 dan nilai koefesien regresi dukungan sosial sebesar 0,273.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:53
Last Modified: 03 Mar 2021 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13364

Actions (login required)

View Item View Item