IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM PROSES MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI SUKARAME BANDAR LAMPUNG

ADE, FITA SAPUTRI (2021) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM PROSES MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (20MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam proses mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Sukarame Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam proses mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Sukarame Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan desain study kasus. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru dan kepala sekolah, untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kegiatan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Triangulasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dalam melakukan pengelolaan pembelajran dalam proses mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Sukarame Bandar Lampung sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan indikator tahap perencanaan yaitu tersedianya program tahunan, program semester, program mingguan, program harian, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan media dan alat belajar, merencanakan metode yang relevan dalam proses mengembangkan sosial emosional. Tahap pelaksanaan pembelajaran sudah di mulai dari kegiatan sebelum masuk kelas, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan makan dan istirahat, dan kegiatan penutup. Akan tetapi pada kegiatan inti guru lebih menekankan pada proses pembelajaran yang bersifat CALISTUNG (baca, tulis, hitung) sedangkan proses pembelajaran pada anak usia dini memiliki ciri khas yaitu pembelajaran melalui bermain. Menurut teori Psikoanalisi Sigmud Freud mengemukakan bahwa bermain merupakan alat pelepas emosi, dengan bermain dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam kemampuan sosial dan mengekspresikan perasaannya secera leluasa tanpa tekanan batin. untuk tahap evaluasi guru melakukan penilaian . Guru juga melakukan tindak lanjut untuk memperbaiki kekurangan kegiatan yang telah dilakukan. Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran, Pengembangan Sosial Emosional Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 18:06
Last Modified: 02 Mar 2021 18:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13362

Actions (login required)

View Item View Item