PENERAPAN AKAD IJARAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BTM BiMU LAMPUNG DALAM PRESPEKTIF HUKUM ISLAM

A.ZULKARNAEN, A.ZULKARNAEN (2021) PENERAPAN AKAD IJARAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BTM BiMU LAMPUNG DALAM PRESPEKTIF HUKUM ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN AKAD IJARAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BTM BiMU LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Oleh: A. ZULKARNAEN BTM BiMU merupakan salah satu lembaga keuangan non bank yang berbasis syariah, prodruk-produk transaksi yang ditawarkan menjadi solusi bagi masyarakat khususnya umat muslim yang ingin menghindari riba. Salah satu produk unggulan yang ditawarkan adalah akad ijarah. Akad ijarah menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan biaya sewa menyewa barang atau bangunan. Namun pada perkembangannya praktek lembaga keuangan syariah dinilai sinis oleh masyarakat bahkan masyarakat menganggap bahwa praktek lembaga keuangan syariah tak ubah dengan praktek konvensional. Pandangan masyarakat tersebut yang melatar belakangi penulis, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan akad ijarah pada KSPPS BTM BiMU Lampung, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penerapan akad ijarah pada KSPPS BTM BiMU Lampung, dengan bertujuan untuk mengetahui penerapan akad ijarah pada KSPPSBTM BiMU Lampung dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap penerapan akad ijarah pada KSPPS BTM BiMU Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deduktif induktif, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Proses pembiayaan akad ijarah melalui beberapa tahap, dimana anggota koperasi harus mengajukan pembiayaan terlebih dahulu kepada BTM dengan mengisi formulir pembiayaan, kemudian pihak BTM melakukan survey terhadap nasabah, kemudian dilakukan analisa berkas, setelah semua memenuhi syarat maka pihak legal dari BTM BiMU akan memanggil nasabah untuk melakukan akad ijarah sesuai dengan pembiayaan yang diajukan oleh nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akad ijarah pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Lampung sudah menunjukkan kesesuaian dengan hukum islam. Dimana dalam transaksi pembiayaannya akad ijarah sudah sesuai dengan rukun dan syarat ijarah yang sesuai syariat islam. BTM BiMU selaku koperasi yang berprinsip pada syariat Islam sudah melakukan yang terbaik bagi setiap anggota dan memberikan pelayanan sesuai dengan syariat Islam sehingga bisa meminimalisir tindakan yang mengarah ke riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 17:50
Last Modified: 02 Mar 2021 17:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13359

Actions (login required)

View Item View Item