PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSELING EKLEKTIK UNTUK MEMBANTU MENGATASI MASALAH PESERTA DIDIK YANG TERISOLIR DI KELAS XI JASA BOGA 1 SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Usfuriatul, Alvi Hayati (2021) PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSELING EKLEKTIK UNTUK MEMBANTU MENGATASI MASALAH PESERTA DIDIK YANG TERISOLIR DI KELAS XI JASA BOGA 1 SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSELING EKLEKTIK UNTUK MEMBANTU MENANGANI MASALAH PESERTA DIDIK YANG TERISOLIR DI KELAS XI JASA BOGA 1 SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJRAN 2017/2018 Oleh Usfuriatul Alvi Hayati Masa remaja adalah masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Salah satu tugas perkembangan masa remaja dalam mencapai jati dirinya dapat dilakukan melalui pergaulan hidup baik dengan keluarga guru maupun teman sebaya. Namun pada masa ini tidak semua remaja melewatinya dengan mudah, beberapa anak yang memiliki masalah dalam pergaulan dengan teman sebayanya salah satunya adalah anak yang terisolir. Salah satu penyebab anak terisolir diantaranya adalah kurang nya minat bersosial dan kurangnya kemampuan anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dalam hal ini tentu banyak masalah yang akan ditimbulkan, untuk itu diperlukan pendekatan yang mampu menyelidiki berbagai sistem metode, teori atau doktrin yang dimaksudkan untuk memahami bagaimana latar belakang siswa terisolir tersebut, atau disebutnya dengan pendekatan eklektik. Dalam penelitian ini berfokus pada efektivitas pendekatan eklektik dalam menangani masalah peserta didik yang terisolir, dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Adapun hasil dari kedua tabel pretest maupun posttest menunjukan output “Tes Statistik” maka diketahui kolom asymp sig (2 tailed) yang merupakan angka probabilitas p = 0,018; p<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian masalah peserta didik di kelas XI Jasa Boga 1 SMK N 3 Bandarlampung berkurang setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan eklektik. Kata Kunci : Masalah Peserta Didik yang Terisolir, Pendekatan Konseling Eklektik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 17:38
Last Modified: 02 Mar 2021 17:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13357

Actions (login required)

View Item View Item