PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR OUTDOOR TERHADAP PERKEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM LITTLE MUSLIM JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

MAS, AYU FITRIA (2021) PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR OUTDOOR TERHADAP PERKEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM LITTLE MUSLIM JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan visual spasial adalah kemampuan untuk menangkap dunia ruang- visual dengan akurat, membayangkan ruangan dan melakukan perubahan terhadap presepsi tersebut. Kecerdasan ini juga meliputi kepekaan terhadap garis, warna, bentuk, ruang,wujud dan hubungan antara unsur-unsur yang bisa digambarkan dalam sebuah bentuk. Kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun sangat berpengaruh bagi kegiatan menggambar outdoor, karena dengan kegiatan menggambar outdoor anak akan mengutarakan imajinasinya. Dan dengan kegiatan menggambar outdoor tersebut anak akan mampu mengekspresikan dirinya melalui kegiatan menggambar sehingga kecerdasan visual spasial anak bisa berkembang. Hal ini ditunjukkan dalam post-test eksperimen menggunakan menggambar outdoor, sebelum diterapkannya menggambar outdoor anak yang memiliki perkembangan kecerdasan visual spasial anak rendah yaitu ada 12 anak sedangkan yang memiliki nilai sedang ada 7 anak, dan yang memiliki nilai tertinggi ada 1 anak. Setelah diterapkannya kegiatan menggambar outdoor nilai kemampuan kecerdasan visual spasial anak yang memiliki nilai tinggi atau berkembang sangat baik dari 1 anak menjadi 13 anak sedangkan yang memiliki kemampuan perkembangan kecerdasan visual spasial berkembang sesuai harapan ada 4 anak dan yang memiliki nilai mulai berkembang ada 3 anak yang artinya setelah diberi perlakuan perkembangan kecerdasan visual spasial anak meningkat dari sebelum diberi perlakuan dan kegiatan menggambar outdoor efektif digunakan untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan menggambar outdoor anak usia 5-6 tahun di TK Islam Little Muslim Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen karena akan mencari pengaruh perlakuan tersebut. Jenis penelitain yaitu pre- eksperimental one group pre-test post-test. Dalam desain ini melibatkan satu kelompok yang diberi pre-test dan pos-test. Populasi yang digunakan pada penelitian ini 20 anak, dengan sampelnya adalah 20 anak . Tehnik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat instrumen validasi, reabilitas, tehnik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independen sampel T-test spss versi 26. Hasil analisis sebesar 0,05 setelah data dimasukkan ke dalam rumus maka diperoleh nilai rhitung dengan melihat signifikansi sig. (2-tailed) sebesar 0.00. Dimana berdasarkan dasar pengambilan keputusan rhitung<0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test data dikatakan memiliki varian yang sama atau homogen. Sedangkan sebaliknya jika rhitung<0,05 maka data dikatakan tidak memiliki varian yang sama atau tidak homogen. Kata Kunci : Menggambar Outdoor, Perkembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 17:30
Last Modified: 02 Mar 2021 17:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13356

Actions (login required)

View Item View Item