ANALISIS ABNORMAL RETURN DAN VOLATILITY RETURN SAHAM PADA SAHAM BANK PANIN DUBAI SYARIAH TAHUN 2014-2018 DI BURSA EFEK INDONESIA

Ananda, Lifiyan Kuswanto (2021) ANALISIS ABNORMAL RETURN DAN VOLATILITY RETURN SAHAM PADA SAHAM BANK PANIN DUBAI SYARIAH TAHUN 2014-2018 DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh fenomena January effect terhadap abnormal return dan volatility return pada saham Bank Panin Dubai Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 sampai dengan 2018. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah saham Bank Panin Dubai Syariah dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah event study, dimana event window dalam penelitian ini terdiri dari 10 hari akhir bulan Desember dan 10 hari awal bulan Januari. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji One way ANOVA, dan Paired sample t- test, . Penelitian dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 22 dan Microsoft Excel 2018. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari abnormal return dan volatility return sebelum dan sesudah fenomena January effect pada saham Bank Panin Dubai Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 sampai dengan 2018. Ditemukan bahwa average abnormal return sebelum dan sesudah January effek menunjukan tingkat return yang berfluktuasi selama event window dari t-10 sampai t+10 tingkat abnormal return tertinggi pada +7 ( 0.16 %), kenaikan harga saham tertinggi pada +7 di sebabkan beberapa faktor yakni adanya penjualan saham dengan harga murah pada akhir tahun yang bertujuan untuk mengurangi pajak, permintaan uang tunai yang melebihi rata-rata pada pertengahan Desember dalam rangka Natal, kebiasaan para investor menjual sahamnya untuk berlibur dan membelinya kembali pada bulan Januari dan adanya kepercayaan bahwa tahun baru akan lebih baik dari tahun sebelumnya dan volatility return terlalu identik sehingga tidak menunjukan perbedaan yang signifikan antara bulan Desember dengan bulan Januari. Kata Kunci: Abnormal Return, Volatility Return, January Effect, dan Anomali Pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:14
Last Modified: 02 Mar 2021 06:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13352

Actions (login required)

View Item View Item