PENGARUH STOCK SPLIT TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN DAN LIKUIDITAS SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2019 DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM

HERDALISA, HERDALISA (2021) PENGARUH STOCK SPLIT TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN DAN LIKUIDITAS SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2019 DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Stock split (pemecahan saham) merupakan kebijakan para emiten untuk meningkatkan jumlah saham yang beredar karena harga “saham yang dinilai terlalu tinggi (overvalued). Stock split merupakan corporate action yang jarang dilakukan oleh perusahaan dan hanya dilakukan oleh perusahaan yang memilki kinerja yang memang benar-benar sangat baik saja. Ada pengaruh yang diberikan stock split terhadap volume perdagangan dan likuiditas saham ada yang berpengaruh negative dan berpengaruh positive. Pengaruh inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti Stock split.Penelitian ini disusun untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh stock split terhadap volume perdagangan dan apakah terdapat pengaruh stock split terhadap likuiditas saham pada prusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan data sekunder perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia lokasi penelitian yaitu website Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id sebagai penyedia data sekunder berupa data saham yang beredar, data bid (beli) data ask (jual) dan yahoo finance www.yahoofinance.com Sebagai penyedia data saham yang diperdagangkan. Variabel independen pada penelitian ini adalah stock split sedangkan variabel dependennya adalah volume perdagangan dan likuiditas saham. Populasi dalam penelitian ini perusahaan yang melakukan stock split tahun 2019 yang terdaftar di bursa efek indonesia berjumlah 12 perusahaan. Sampel dianalisis selama 10 hari yang terdiri dari 5 hari sebelum stock split dan 5 hari setelah stock split, sedangkan pemilihan sampel menggunaka metode purposive sampling dan didapatkan 12 perusahaan sebagai sampel, dikarenakan hanya 12 perusahaan tersebut yang melakukan stock split. Metode analisis yang digunakan adalah uji beda (Paired Sample t-test), pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Program SPSS 2.2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh stock split terhadap volume perdagangan dan likuiditas saham. Hal ini terlihat dari analisis selama periode pengamatan yang menunjukkan nilai signifikansi 0.033 dan 0,010 lebih kecil dari α=0,05 (5%) yang berarti tedapat pengaruh positif stock split terhadap volume perdagangan dan likuiditas saham antara 5 hari sebelum stock split dan 5 hari sesudah stock split. Stock split tidak dilarang didalam islam meskipun terjadi perubahan nominal harga, selama tidak ada unsur paksaan dalam pembelian saham sesuai dalil dalam Al-Qur’an (An-Nisa ayat 29). Pada pengambilan keputusan didalam islam atau dalam prespektif ekonomi islam diambil dengan cara menjunjung prinsip salah satunya musyawarah yang disepakati oleh setiap pihak sama halnya dengan pengambilan keputusan perusahaan untuk melakukan stok spilt keduanya sama-sama dilakukan setelah adanya kesepakan antara semua pihak. Kata kunci: likuiditas saham, volume perdagangan, dan stock split.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2021 06:58
Last Modified: 01 Mar 2021 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13338

Actions (login required)

View Item View Item