ANALISIS SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP FUNGSI DAN KEWENANGAN NEGARA DALAM MEMELIHARA FAKIR MISKIN (STUDI UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2011 TENTANG PENANGANAN FAKIR MISKIN)

NABILA, SAVITRI (2021) ANALISIS SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP FUNGSI DAN KEWENANGAN NEGARA DALAM MEMELIHARA FAKIR MISKIN (STUDI UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2011 TENTANG PENANGANAN FAKIR MISKIN). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI NABILA SAVITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Negara kesatuan republik Indonesia menjadikan Undang-Undang Dasar tahun 1945 (UUD 1945) seabagai dasar negara mempunyai tanggung jawab untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, pasal 34 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945, negara bertanggung jawab untuk memelihara fakir miskin guna memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kemanusiaan, tetapi pada kenyataannya masih banyak sekali fakir miskin yang kita jumpai. Hal ini disebabkan karena tidak berjalannya fungsi dan kewenangan negara terhadap fakir miskin yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Penanganan Fakir Miskin. Dalam ajaran Islam berlaku adil dan berbuat baik terhadap adalah salah satu prinsip Islam yaitu dapat memberikan hak bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka sebagaimana dijelaskan dalam QS. An-Nisa: 36 dan QS. An-Nisa: 58. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana fungsi dan kewenangan negara dalam memelihara fakir miskin Bagaimana pandangan siyasah dusturiyah terhadap fungsi dan kewenangan negara dalam memelihara fakir miskin. Ada pun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejelas mungkin fungsi dan kewenangan negara dalam memelihara fakir miskin dan untuk mengetahui sejelas mungkin pandangan siyasah dusturiyah terhadap fungsi dan kewenangan negara dalam memelihara fakir miskin. Kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi pada akademis khususnya hukum yang berkaitan dengan hukum tata negara dalam Islam. Jenis penelitian ini adalah library research. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kepustakaan dan dokumentasi. Metode pengolahan data adalah editing, coding, dan rekonstruksi data. Metode analisis data secara kualitatif dan pendekatan yang bersifat induktif. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa fungsi dan kewenangan negara dalam memelihara fakir miskin belum berjalan secara optimal karena kurang tegasnya pemerintah dalam menjalankan fungsi dan kewenangan tersebut sehingga udang-undang dan peaturan pemerintah yang mengatur fakir miskin tidak terealisasikan dengan baik dan tidak berjalan efektif. Persfektif siyasah dusturiyah terhadap fungsi dan kewenangan negara dalam memelihara fakir miskin, agar pemerintah berbuat adil dalam memberikan hak-haknya sesuai dengan hak asasi yang harus didapatkannya. Hal ini berdasarkan surat An-Nisa ayat 58 bahwa pemerintah harus amanah dan berbuat adil terhadap masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2021 06:49
Last Modified: 01 Mar 2021 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13336

Actions (login required)

View Item View Item