KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PERSEPEKTIF HASAN LANGGULUNG

WIDIYANTI, WIDIYANTI (2021) KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PERSEPEKTIF HASAN LANGGULUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI WIDIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PERSEPEKTIF HASAN LANGGULUNG OLEH: WIDIYANTI Pendidikan Islam di indonesia yang masih bercorak sederhana, dan sebagai pembicaraan yang tidak akan pernah tuntas, yang selalu membuahkan pembaharuan-pembaharuan dalam bentuk pemikiran tentang kurikulum pendidikan Islam dan metode pendidikan Islam dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju, kita harus mampu bersaing untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui pemikiran Hasan Langgulung yang mampu membawa pelaksanaan dan mengarah kearah yang lebih baik, yaitu dengan adanya pemikiran pendidikan islam. Permasalahan pada penelitian ini ialah bagaimana pemikiran kurikulum pendidikan Islam di indonesia, yang digagas oleh tokoh dari Indonesia yang banyak berpengalaman di luar negeri, beliau adalah Prof. Dr. Hasan Langgulung. Oleh karena itu pandangan beliau yang sangat luas dalam bidang pendidikan dapat digunakan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis tentang pemikiran kurikukulum pendidikan islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kepustakaan (library Research), jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu deskriptif kualitatif untuk menganalisinya menggunakan analisis (content analysis) metode ini digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang pemikiran Hasan Langgulung dengan karya-karyanya atau ilmuan lain yang mendukung penelitian ini. Hasil dari penellitian ini ialah bahwa pemikiran tentang kurikulum pendidikan Islam dapat kita ambil inti masalah Kurikulum pendidikan Islam, kurikulum yang digunakan oleh Hasan Langgulung ialah konsep kurikulum modern kurikulum yang tidak membedakan antara ilmu agama dan umum, sehingga dapat memberikan landasan moral bagi perseorangan maupun masyarakat. Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan Islam, Hasan Langgulung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2021 06:42
Last Modified: 01 Mar 2021 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13333

Actions (login required)

View Item View Item