KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI TAMAN KANAK-KANAK AS-SALAM BRANTI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Tias, Rahmah Agustina (2021) KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI TAMAN KANAK-KANAK AS-SALAM BRANTI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang ditemukan adalah masih banyaknya anak usia dini di TK As-Salam yang belum memiliki kemampuan mengenal huruf hijaiyah sebagaimana yang diharapkan, sehingga masih banyak anak yang kemampuannya dalam mengenal huruf hijaiyah dikategorikan belum berkembang.Melalui penelitian penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menganalisis kreativitas guru dalam mengembangkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di TK As-Salam Branti Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah?. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah kepala TK, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian hasilnya dianalisis dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kretaivitas guru dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia dini khususnya di TK As-Salam Branti Raya, Kecamatan Natar, Kebupaten Lampung Selatan. Kesimpulan tersebut beradasrkan temuan Pada umumnya guru di TK As-Salam cukup kreatif seperti senantiasa mengembangkan kompetensinya secara terus menerus, mampu belajar mandiri, memanfaatkan setiap waktunya untuk berkreasi, mampu menciptakan suasana belajar baru dan berbeda di dalam kelas, senantiasa dinanti dan dirindukan oleh peserta didik, menggunakan metode pembelajaran baru, mampu menjadikan hal yang rumit atau kompleks menjadi lebih mudah dan simpel, mampu memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media dan alat di TK As-Salam Branti Raya, Kecamatan Natar, Kebupaten Lampung Selatan. Kemampuan mendengarkan dan mengucapkan huruf hijaiyah sudah mampu berkembang dengan baik. Kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah juga sudah berkembang sesuai harapan. Kata Kunci: kreatifitas guru, mengenal huruf hijaiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2021 06:31
Last Modified: 01 Mar 2021 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13330

Actions (login required)

View Item View Item