ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN ROKOK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Masyarakat Muslim Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran)

Yunan, Andri (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN ROKOK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Masyarakat Muslim Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Yunan.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peningkatan konsumen rokok di Indonesia yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Ada beberapa hal yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi peningkatan pertumbuhan konsumen tersebut diantaranya Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2013 tentang Pencantuman Peringatan Kesehatan Dan Informasi Kesehatan Pada Kemasan Produk Tembakau dengan mencantumkan gambar yang menyeramkan pada kemasan atau bungkus rokok. Namun dari beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa setiap tahunnya pertumbuhan konsumen rokok di Indonesia mengalami peningkatan salah satunya penelitian yang dilakukan oleh The Tobacco Atlas 2015 menunjukkan, sebanyak 66 persen pria diatas 15 tahun di Indonesia merokok. Sehingga penelitian ini sangat penting untuk mengetahui faktor apa saja yeng memengaruhi minat beli konsumen rokok. Minat beli konsumen adalah salah satu dari perilaku konsumen. Menurut kotler ada beberapa yang memengaruhi yaitu faktor internal yaitu Budaya dan sosoial dan faktor internal yaitu psikologi dan pribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan teknik kuesioner yang diambil secara purposive sampling kepada masyarakat muslim di Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran yang merokok serta berumur diatas 18 tahun.. Responden yang menjadi sampel dalam penelitan ini adalah 96 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk proses analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan Variabel Budaya (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3), Psikologi (X4) dan Variabel Y yaitu Minat Beli. Berdasarkan hasil penelitian faktor yang memengaruhi minat beli konsumen rokok adalah faktor Pribadi dan Faktor psikologi yang mempunyai nilai probability masing-masing 0,0006 dan 0,0221 atau kedua nilai probability dibawah 0,005. Sedangkan faktor budaya dan sosial tidak memengaruhi minat beli konsumen rokok itu dapat dilihat dari nilai probability masing masing 0,3798 dan 0,3831 atau kedua nilai probability faktor tersebut diatas 0,005. Secara bersama-sama faktor budaya, sosial, pribadi dan psikoogi secara bersama-sama memengaruhi minat beli konsumen karena nilai Prob(F-Statistik) sebesar 0,0000<0,005. Faktor Budaya, Sosial, Pribadi serta psikologi memengaruhi minat beli konsumen rokok sebesar 0,463047 atau 46% dan 56% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Sebagai umat muslim dalam melakukan kegiatan konsumsi harus berdasarkan asas-asas keislaman yang telah diataur, salah satunya adalah bahwa konsumsi seorang muslim harus bermanfaat dan tidak mengandung hal-hal yang berabahaya. Perilaku konsumen rokok belum sesuai dengan perilaku konsumen dalam silam sebagaimana yang telah diatur oleh Allah SWT. Karen walupun konsumen sudah mengetahui 2akibat dari merokok namun konsumen masih tetap saja memiliki minat untuk membeli rokok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2017 03:57
Last Modified: 13 Sep 2017 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item