HUBUNGANANTARAKEMAMPUANKOGNITIFDENGAN KREATIVITASBELAJAR PADAMATAPELAJARAN IPASISWAKELASVSDN1JATIINDAH LAMPUNGSELATAN

MONICA, PUSPITA SARI (2021) HUBUNGANANTARAKEMAMPUANKOGNITIFDENGAN KREATIVITASBELAJAR PADAMATAPELAJARAN IPASISWAKELASVSDN1JATIINDAH LAMPUNGSELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF
Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu pilar yang mempunyai peranan penting dalam menciptakan manusia yang berkualitas. Berkualitas yang dimaksudkan antara lain adalah yang memiliki kecerdasan yang tinggi, keterampilan yang diperlukan oleh dirinya serta kreativitas yang seimbang dengan kecerdasan yang dimiliki. ranah kognitif memiliki enam jenjang menurut taksonomi bloom yang diurutkan secara hirarki yaitu: pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), sintesis (syntesis), penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation). Tanpa ranah kognitif, sulit dibayangkan seorang peserta didik dapat berfikir.Selanjutnya, tanpa kemampuan kognitif mustahil peserta didik tersebut dapat memahami dan meyakini faedah materi pelajaran yang disajikan kepadanya, termasuk materi pelajaran IPA.Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah hubungan yang positif antara kemampuan koqnitif dengan kreativitas belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 1 Jati Indah Lampung Selatan dan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan kognitif dengan kreativitas belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 1 Jati Indah Lampung Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 1 Jati Indah Lampung Selatan Sampel yang digunakan dipilih secara acak yaitu sebanyak 25 orang.Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi.Angket untuk mengukur kreativitas belajar peserta didik, tes untuk mengetahui data kemampuan kognitif, dan dokumentasi untuk mengetahui data peserta didik. Berdasarkan kajian teori dan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa: Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan kogniitif dengan kreativitas belajar, indeks korelasi sebesar 0.787. Hasil tersebut lebih besar dari rtabel sebesar 0.4869 (taraf signifikan 0.01) dan 0.000 (taraf signifikan 0.05) karena ditolak. 2. nilair dalam tabel product moment antara 0.75 – 0.99 yaitu koefisien korelasi sangat kuat, bahwa nilai tersebut menunjukkan adanya korelasi yang sangat kuat antara variabel X (kemampuan kognitif) dengan variabel Y (kreativitas belajar). Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Kreativitas Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:59
Last Modified: 01 Mar 2021 04:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13327

Actions (login required)

View Item View Item