IMPLEMENTASI PEMEBELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP QUR’AN DARUL FATTAH BANDAR LAMPUNG

MARIA, ULFA (2021) IMPLEMENTASI PEMEBELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP QUR’AN DARUL FATTAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MARIA ULFA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tahfizul Qur'an pada situasi dunia saat ini, yang ke1isis dengan suatu wabah Covid-19, dimana ini menjadi suatu tantangan barn bagi pendidik dan lembaga pendidikan. penelitian ini dilakukan di SMP Qur'an Darnl Fattah Bandar Lampung, pada umumnya sekolah yang berbasis keagamaan mengunakan suatu metode pembelajaran Talaqqi Face to face. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan metode Desktipti dengan pendekatan kualitatif, adaptm tehnik yang digtmakan peneliti dalam mengumpulkan data dengan cara wawancara, observasi, serta dokmnentasi. Adaptm subjek dalam penelitian ini adalal1 Kepala sekolah SMP Qur'an Daml Fattah Bandar Lampung, gtrru beserta staf, dan juga siswa­siswi yang ada dilembaga pendidikan sekolah SMP Qur'an Darul Fattah Bandar Lampung. Hasil dari penelitian di SMP Qur'an Dantl Fattal1 Bandar Lampung, meliputi: Implementasi pembelajaran pada masa pandemi di SMP Qur'an Darul Fattah sudah bisa dibilang cukup baik dan berjalan cukup efektif. Siswa sangat antusias sekali dalam menghafal hafalan yang diberikan oleh guru, dengan menggunakan apliksai pilihan seperti WhatsApp, Zoom, Gogle Meat. Aplikasi Whatshap biasa digtmakan untuk memantau mulainya pembelajaran seperti absen siswa dan juga setor hafalan, Zoom atau Gogle Meat biasa di gtmakan guru sebagai pemberian materi dan setoran hafalan dalam pembelajaran Tah:fizul Qm' an. Metode menyesuaikan dengan pembal1asan dan yang sering di gunakan di masa pandemi yaitu metode talaqqi. Akan tetapi tentu saja ada perbedaan antara pembelajaran sebelum adanya pandemi dan sesudal1 adanya pandemi yang mana menjadi problem yang sangat begitu besar untuk sekolah terntama murid, problem dalam pembelajaran tersebut yaitu: Faktor Peserta didik, Sifat malas yang ada pada siswa, Minat siswa yang kadang tinggi dan kadang juga menurun, belum bisa menghafal dengan baik dan benar. Akhlak dan adab berkurang, yang tadinya murid merasa takut tidak bisa mencapai target hafalan dengan baik namun dengan pembelajaran daring murid terkadang mencari-cari alasan untuk dapat setoran hafalan susulan, kesulitan dalam mengingkatkan kefasihan bacaan siswa, ketika dirumah terlalu berlebihan menggtmakan gadget. Faktor tenaga pendidik, kegiatan pembelajaran. Namun sekolah SMP Qur'an Daru Fattah memiliki tetap solusi pembelajaran untuk mengatasi masalah-masalah pembelajaran selama pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Feb 2021 06:37
Last Modified: 26 Feb 2021 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13320

Actions (login required)

View Item View Item