Peran Akuntansi PertanggungJawaban Sosial Perusahaan Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Pada CV. Aulia Riadi Baswara, Bandar Lampung)

M. PARID, ZAKI (2021) Peran Akuntansi PertanggungJawaban Sosial Perusahaan Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Pada CV. Aulia Riadi Baswara, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pertanggung jawaban sosial perusahaan menjadi sebuah isu penting pada saat ini. Pertanggung jawaban sosial yang selanjutnya disebut CSR (Corporate Social Responsbility) merupakan inti dari dasar etika bisnis bagi tiap perusahaan. Adanya pertanggungjawaban sosial dan lingkungan yang mewajibkan perusahaan-perusahaan di dalam tanggung jawab perusahaan harus berjalan sesuai konsep. Sehingga peneliti memandang perlu meneliti kesesuaian konsep pada perusahaan CV. Aulia Riadi Baswara dalam laporan pertanggungjawaban sosial lingkungan berdasarkan prinsip CSR. Rumusan masalah Apaperan akuntansi pertanggungjawaban sosial terhadap pelestarian lingkungan, Apakah peranakuntansi pertanggungjawaban sosial dan lingkungan berjalan dengan baik, Bagaimana opini public terhadap perusahaan dalam peranakuntansi pertanggungjawaban sosial pelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntasi pertanggungjawaban sosial perusahaan apakah peran akuntansi pertanggungjawaban sosial dan lingkungan berjalan dengan baik di CV. Aulia Riadi Baswara di Bandar Lampung, dan hasil dari penerapan akuntasi pertanggung jawaban sosial perusahaan serta, sebagai upaya untuk mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh perusahaan dalam kegiatan operasional perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan penelitian ini adalah teknik observasi yaitu pengamatan, teknik wawancara atau interview, dan teknik dokumentasi. Yaitu memperoleh data langsung dari objek penelitian, yaitu CV. Aulia Riadi Baswara dengan melakukan penelitian terhadap sosial dan lingkungan dari perusahaan CV. Aulia Riadi Baswara dan laporan-laporan yang berkaitan dengan penelitian. CV. Aulia Riadi Baswara telah mengelola sosial dan lingkungan mereka dengan baik sesuai syarat corporate social responsibility yang terdapat pada CV. Aulia Riadi Baswara, kemudian data-data tersebut dibandingkan dengan data-data masa lalu. Hasil analisis menunjukkan bahwa CV. Aulia Riadi Baswara telah melakukan beberapa aktivitas-aktivitas sosial sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya yang terkait dengan masyarakat dan lingkungan. Aktivitas tersebut dikelompokkan menjadi 2, yaitu kontribusi terhadap masyarakat dan lingkungan. Untuk melaksanakan aktivitas sosialnya perusahaan mengeluarkan biaya-biaya sosial yang dapat disusun menjadi laporan akuntansi pertanggung jawaban sosial walaupun belum sesuai dengan proporsinya.Dalam penerapan akuntansi pertanggung jawaban sosial CV. Aulia Riadi Baswara telah melaksanakan program CSR sudah 90 % yang telah terlaksana. Dan 10 % lagi terdiri dari: pernyataan yang menunjukkan bahwa polusi operasi telah atau akan dikurangi, mempelajari dampak lingkungan untuk meminitori dampak lingkungan perusahaan, serta menerima penghargaan berkaitan dengan keselamatan kerja. Kata kunci: Akuntansi pertanggungjawaban, tanggung jawab sosial perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:20
Last Modified: 26 Feb 2021 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13317

Actions (login required)

View Item View Item