ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 82 TAHUN 2012 TENTANG PENYELENGGARAAN SISTEM DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM JUAL BELI ELEKTRONIK (Studi di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya, Kab. Tulang Bawang)

Dinia, Sebwinda (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 82 TAHUN 2012 TENTANG PENYELENGGARAAN SISTEM DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DALAM JUAL BELI ELEKTRONIK (Studi di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya, Kab. Tulang Bawang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI DINIA SEPWINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1 2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Transaksi elektronik yaitu transaksi jual beli di dunia maya atau ecommerce merupakan salah satu produk dari internet yang merupakan sebuah jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain melalui media komunikasi, seperti kabel telepon, serat optik, satelit, atau gelombang frekuensi. Transaksi jual beli di dunia maya mempermudahkan masyarakat dalam mencari barang-barang yang diinginkan tanpa harus keluar rumah dan mempermudah penjual dalam memasarkan barang-barangnya dengan modal yang minim.Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan cepat di masyarakat baik kalangan dewasa maupun anak-anak. Sehingga memengaruhi kemajuan dalam bidang muamalah, yaitu adanya inovasi dalam sistem pemasaran yang tidak hanya secara manual melainkan secara modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam memasarkan suatu produk. Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem Dan Transaksi Elektronik (PSTE) telah mengatur dalam transaksi elektronik yaitu dalam melakukan transaksi elektronik harus cakap hukum. Menggunakan akun sosial media telah ditentukan batas umur miniman 17 tahun atau cakap hukum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan Pasal 47 Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem Dan Transaksi Elektronik (PSTE) di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya. 2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 82 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik dalam jual beli barang elektronik di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pandangan hukum Islam tentang implementasi Pasal 47 Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggara Sistem Dan Transaksi Elektronik (PSTE). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (Field Research) dengan penelitian yang bersifat deskriptif analisis.Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini yaitu penulis memperoleh data lapangan di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya yang berkaitan tentang pelaksanaan Pasal 47 PP No.82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik bahwa transaksi elektronik yang dilakukan oleh anak yang dibawah umur berupa jual beli handphone melalui akun facebookbahwa adanya suatu pelanggaran dan penyalahgunaan dengan mereka membuat sebuah akun facebook. Hal initidak sesuai dengan hukum Islamkarenabelum memenuhi syarat keabsahan akad yaitu masih berusia 15 tahun, berakal dan belum dapat mengelola harta sehinggatidak memenuhi rukun dan syarat dalam akad jual-beli. Pelaku akad ialah orang yang diperbolehkan dalam melakukan akad yaitu orang yang telah balig, berakal, dan memiliki kematangan dalam berfikir maupun dalam bertindak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Feb 2021 01:48
Last Modified: 26 Feb 2021 01:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13315

Actions (login required)

View Item View Item