FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINEDI SHOPEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

SITI, UMI NUR AISAH (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINEDI SHOPEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (896kB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI UMINUR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi adanya perkembangan tekhnologi yang semakin maju, manusia dituntut agar cepat dalam bertindak dalam memilih agar tidak kalah saing.Pengambilan keputusan dapat diartikan sebagai proses konsumen dalam memilih sesuatu terhadap berbagai pilihan dan memilih salah satu yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan. Keputusan konsumen dalam memilih suatu produk pada dasarnya berkaitan dengan perilaku konsumen. Perilaku konsumen merupakan unsur yang penting dalam kegiatan perusahaan, pada dasarnya perusahaan tidak mengetahui apa yang diingkan konsumen oleh sebab itu perusahaan perlu memikirkan aspek perilaku konsumen, terutama dalam pengambilan keputusan pembeliannya.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kualitas produk dan harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian secara online di shopee?Apakah kualitas produk dan harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian secara onlinedi shopee? Apakah kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di shopee dalam perspektif ekonomi islam? Tujuan penelitian Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga secara parsial terhadap keputusan pembelian secara online di shopee.Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian secara online di shopee.Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian secara online di shopee dalam perspektif ekonomi islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, penelitian ini termasuk dalam jenis lapangan (field research), data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, populasi dalam penelitian ini sebanyak 584, sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 85 responden dengan menggunakan rumus slovin, dengan cara tekhnik propotional sampling, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis, secara parsial menunjukkan bahwa kualits produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online di shopee , secara simultan faktor kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online di shopee. Dalam perspektif ekonomi islam pembelian secara online di Shopee sudah sesuai akad seperti barang yang ditawarkan sudah baik ataupun halal, barang memiliki kesesuaian dengan harga yang ditawarkan, dalam pengiriman barang shiopee sudah sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, selain itu shopee juga memberikan pelayanan yang cepat apabila ada keluhan dari oelanggan apabila menerima barang yang tidak sesuai atau cacat. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:48
Last Modified: 25 Feb 2021 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13312

Actions (login required)

View Item View Item