UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI BERMAIN BALOK SUSUN DI TK TUNAS MANDIRI BANDAR LAMPUNG

MERI, AYU SARI (2021) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI BERMAIN BALOK SUSUN DI TK TUNAS MANDIRI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari permasalahan belum optimalnya mengembangkan kognitif anak dikarenakan proses pembelajaran yang berlangsung lebih diarahkan pada pola pembelajaran monoton. Seharusnya guru dalam mengajar lebih banyak memberikannya dengan kegiatan bermain, karena bermain menjadi wahana penting bagi anak untuk mengembangkan segala potensinya. Dalam tujuan untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 Tahun pada tahap pra-oprasional,dengan indikator yaitu perkembangan kognitif anak dalam menggunakan symbol,mengklasifikasikan benda,memahami angka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Melalui Bermain Balok Di TK Tunas Mandiri Bandar Lampung?”,tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kognitif anak melalui bermain balok di TK Tunas Mandiri Bandar Lampung. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 20 anak. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode observasi sebagai metode pokok,metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana penerapan media bermain balok dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak,sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Data dianalisis secara reduksi data,display data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa kemampuan kognitif anak berkembang lebih optimal jika guru lebih memaksimalkan penerapan media bermain balok dengan berdasarkan langkah-langkah serta indikator pencapaian yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Yaitu pemilihan tema yang ingin dicapai,member kesempatan pada anak untuk pengalaman langsung dengan memegang balok,membagi anak dalam beberapa kelompok,member kesempatan pada anak untuk memperoleh pengalaman langsung dalam berbagai aktifitas,dan evaluasi. Dilihat dari delapan langkah tersebut,mengembangkan kognitif melalui bermain balok di TK Tunas Mandiri Bandar Lampung dapat dikatakan mulai berkembang dengan melihat perkembangan kognitif yaitu 4 anak yang sudah berkembang sangat baik,terdapat 7 anak yang sudah berkembang sesuai harapan dan terdapat 9 anak mulai berkembang. Kata Kunci : Upaya Guru,Mengembangkan Kognitif,Bermain Balok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:16
Last Modified: 25 Feb 2021 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13311

Actions (login required)

View Item View Item