PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Sulistiyani, Dita (2017) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Sulistiyani.pdf]
Preview
PDF
Download (69MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah diartikan sebagai model atau gaya kepemimpinan kepala sekolah yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan orang yang mengarah kepada pencapaian tujuan. Tujuan kepemimpinan kepala sekolah dalam perencanaan program pendidikan agar semua program sekolahan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik, diharapkan dapat tercapainya hasil yang memuaskan dalam pencapaian tujuan yang telah terprogram dapat terarah kepada tujuan utama dalam artian tidak menyimpang dari program yang diterapkan dan para tenaga pendidik diharapkan akan lebih kreatif dan bertanggung jawab penuh dalam mengemban tugas yang diberikan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer teknik pengumpulan data dengan cara interview dan observasi. Sumber data primer pada penelitian ini terdiri dari : Kepala Sekolah, Guru, Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari penelitian Pustakawan dan dokumentasi. Tekhnik pengumpulan data yaitu metode observasi, metode wawancara (interview) dan dokumentasi, Tekhnik pengolahan analisa data, Tahap – tahap analisis data, yaitu reduksi data, display data (penyajian data) dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan penelitian yaitu peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MIT Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung adalah dengan memberikan contoh yang baik tentang kedisiplinan, kunjungan kelas, membimbing dan meneliti perangkat pembelajaran, mengawasi penggunaan waktu mengajar, menegur dan mengingatkan guru yang kurang dsiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 13 Sep 2017 03:41
Last Modified: 13 Sep 2017 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item