PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-JARONAH BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA

FITA, ARMIANI (2021) PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-JARONAH BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB I&2 .pdf] PDF
Download (660kB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pertama yang dimiliki oleh anak usia 4-5 tahun selain membaca, adalah kemampuan berhitung permulaan angka 1-10 yang merupakan konsep dasar matematika sederhana seperti mengenal simbol angka 1-10, menghitung angka 1-10 dan melakukan pengoperasioan berhitung angka 1-10 pada anak-anak usia 4-5 tahun di TK Al Jaronah Bukit Kemuning Lampung Utara. Tahapan-tahapan itu harus dilalui oleh seorang anak yan berusia 4-5 tahun agar tumbuh kembang kognitif anak menjadi baik dan benar dalam melewati semua tahapan tersebut. Salah satu media yang digunakan dalam mengenal konsep berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun adalah menggunakan media sempoa. Maka dari itu untuk menggembangkan konsep matematika dasar pada anak-anak usia 4-5 tahun di TK Al Jaronah Bukit Kemuning Lampung Utara adalah dengan menggunakan media sempoa agar dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan dalam menghitung dan mengenal simbol angka 1-10 pada anak-anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Adapun subjek penelitian ini adalah guru sempoa dan anak-anak yang berjumlah 20 anak usia 4-5 tahun di TK Al Jaronah Bukit Kemuning Lampung Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media sempoa meliputi langkah-langkah antara lain; mempersiapkan media sempoa, lalu mengatur tempat duduk anak-anak dalam bentuk kelompok-kelompok kecil dan mengajarkan media sempoa dengan metode demontrasi di depan kelas agar anak- anak dapat melihat, mendengar dan mencontoh bagaimana penggunaan media sempoa dengan menjelaskan melalui metode pembelajaran demontrasi. Dari lengkah-langkah diatas dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak-anak usia 4-5 tahun di TK Al Jaronah Bukit Kemuning Lampung Utara. Kata Kunci : Media Sempoa, Kemampuan Berhitung Permulaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:04
Last Modified: 25 Feb 2021 06:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13309

Actions (login required)

View Item View Item