IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DIKELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PALAPA BANDAR LAMPUNG

ANI, AGUSTINA (2021) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DIKELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PALAPA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penilaian autentik merupakan salah satu penyempurna kurikulum 2013. Penilaian autentik sudah ada dalam kurikulum KTSP, namun dalam implementasinya belum maksimal sehingga pemerintah melakukan penyempurnaan terhadap penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Penilaian autentik menekankan tiga aspek dalam penilaiannya yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan menekan dalam aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinilai melalui prose pembelajaran dan akhir pembelajaran. Seperti yang penulis lihat disekolah tersebut bahwa masih ada perencanaan dalam teknik dan instrument yang belum terlaksana dengan bik. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil penilaian autentik di kelas 3 SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi perencanaan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 dikelas 3 SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung, (2) mendeskripsikan implementasi pelaksanaan penilaian autentik dalam kurikulum 2013 dikelas 3 SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung, (3) mendeskripsikan implementasi pelaporan hasil penilaian autentik dalam kurikulum 2013 dikelas 3 SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) guru merencanakan penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan namun guru tidak menggunakan rubrik penilaian persentasi atau penyajian laporan. 2) guru melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran kuriklum 2013 yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik penilaian diri, antar teman sebaya, dan penilaian jurnal. Penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui teknik tes tertulis, lisan, dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik penilaian kinerja, penilaian portofolio, penilaian projek, dan penilaian produk. 3) guru melaporkan setiap hasil penilaian peserta didik yang didapatinya kepada wali murid, kepala sekolah, guru dan kepada peserta didik itu sendiri. Kata Kunci: Implementasi Penilaian Autentik, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2021 05:58
Last Modified: 25 Feb 2021 05:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13308

Actions (login required)

View Item View Item