PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD/MI

Silviana, Megantara Putri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD/MI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu proses untuk mempengaruhi peserta didik agar peserta didik mampu menyesuaikan diri dengan lingkungnnya. Dengan diterapkannya kurikulum 2013, pada jenjang Sekolah Dasar menggunakan sistem pembelajaran berbasis tematik terpadu (tematik integrative). Pada proses penerapan pembelajaran tematik terdapat berbagai kendala, salah satu kendalanya adalah masih minimnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Sehingga pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran ular tangga pada pembelajaran tematik, serta bagaimana kelayakan media pembelajaran ular tangga pada pembelajaran tematik? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran tematik serta, mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran ular tangga pada pembelajaran tematik. Adapun manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam memberikan alternatif pada pembelajaran, dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran ular tangga. Metode penelitian mengadaptasi pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Addie. Penelitian menggunakan lima langkah sebagai berikut : (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Alat pengumpulan data yang digunakan berupa : angket ahli materi, angket ahli media, angket ahli bahasa serta angket tanggapan pendidik untuk mengetahui kelayakan produk, angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui kemenarikan produk dan menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 30 soal. Hasil penelitian yang telah dikembangkan memperoleh desain berupa media permainan ular tangga pada pembelajaran tematik memperoleh presentase kelayakan 90% oleh ahli materi, 75% oleh ahli media, 80,55% oleh ahli bahasa dan 86% oleh pendidik. Presentase respon peserta didik terhadap kemenarikan produk memperoleh 88,85% pada uji coba skala kecil serta 91,57% pada uji coba skala besar. Berdasarkan hasil uraian diatas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian pada uji coba instrument tes berupa soal menghasilkan T hitung > T tabel (0.37422 > 0.361), serta tingkat reliabilitas sebesar 0,714 dan tingkat kesukaran mengahasilkan 9 butir soal dengan kriteria sukar, 13 butir soal dengan kriteria sedang, 8 butir soal dengan kriteria mudah. Sehingga instrument tes berupa soal dapat digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman peserta didik. Kata kunci: Media pembelelajaran, permainan ular tangga, kemampuan pemahaman peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2021 05:43
Last Modified: 25 Feb 2021 05:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13305

Actions (login required)

View Item View Item