PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

GESTIN, NANDASARI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self Efficacy Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Oleh Gestin Nandasari Belajar merupakan suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. Kualitas pembelajaran dipengarungi oleh model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari self efficacy peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Penelitian yang akan dilaksanakan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen (eksperimen semu). Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X Mia 1 sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas X Mia 3 sebagai kelas eksperime. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah memperoleh pembelajaran dilakukan perhitungan dengan rumus N-gain. Nilai rataan N-Gain kelas eksperimen sebesar 36,12 dan nilai rataan N-Gain pada kelas kontrol sebesar 30,90. Berdasarkan analisis maka kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy dengan model pembelajaran SSCS lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi perubahan lingkungan. Kata Kunci: Search, Solve, Create and Share (SSCS), kemampuan pemecahan masalah, self efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:05
Last Modified: 25 Feb 2021 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13299

Actions (login required)

View Item View Item