PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA TEMA 3 KELAS V SD/MI

VINA, APRIYANI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA TEMA 3 KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum dikembangkannya media pembelajaran berbasis adobe flash pada pembelajaran tematik yaitu pada tema 3 “ Makanan Sehat’’ kelas V SD/MI di SD Negeri 02 Sepang Jaya Bandar Lampung dan MIN 6 Bandar Lampung. Dalam proses pembelajaran media pembelajaran yang sering digunakan oleh pendidik yaitu buku paket, poster bergambar, dan patung pada pemebelajaran tematik yaitu pada tema 3 “ Makanan Sehat” . pendidik sudah menggunkan media pembelajaran tetapi belum menggunakan media pembelajaran yang bervariatif ataupun belum adanya terbentuk seperti multi media interaktif berbasisi adobe flashm, dengn hal ini penelitisi sudah melihat fasilitas sekolah yang sudah memadi seperti adanya sarana dan prasarana computer dan LCD Proyektor. Penelitin ini merupakan penelitian pengembangan research and develimonet (R&D) yang mengacu pada model pengembangan sugiono, yang menggunakan tujuh langkah tahapan dalam penelitian ini yaitu 1). Potensi dan Masalah, 2). Pengumpulan Data, 3). Desain Produk, 4). Validasi Desain, 5). Perbaikan Desain, 6). Uji Coba Produk, 7). Revisi Produk. Teknik pengumpulan data dala penelitin ini menggunakan angket validasi ahl materi, ahli media dan ahli bahasa serta respon pendidik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan wawancara ( interview) kepada pendidik kelas V di SD Negeri 02 Sepan Jaya Bandar Lampung dan MIN 6 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil dari penelitin tahapan- tahapan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembeljaaran interaktif berbasis adoe flash pada tema 3” Makanan Sehat” kelas V SD/MI, memperoleh ratarata nilai dari ahli materi memperoleh skor 92,72% dikategorikan “ Sangat Layak”, rata-rata pada hasil ahli media memeproleh hasil skor 90% dikategorikan “ Sanagat Layak”, nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi ahli bahasa memperoleh hasil skor “ 76,6 % dikategorikan “Layak” dan nilai rata-rata yang diberikan oleh pendidik memperoleh skor 92, 70% diktegorikan “ Sangat Layak”. Sedangkan penilaian yang diberikan oleh peserta didik pada tahap uji coba skala kecil memperolrh skor 92,2% dikategorikan “Sangat Layak” dan uji coba skala besar memperoleh skor 88,4% dikategorika “ Sangat Layak”. Dengan hal ini media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash paada tema 3 “Makanan Sehat” pada kelas V yang dikembangkan dikategorikan “ Sangat Layak” dan layak dijadikan sebagai media pemebelajaran untuk SD/MI pada pemebelajaran temtatik. Kata kunci: Pengembangan, Media Adobe Flash, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Feb 2021 07:00
Last Modified: 24 Feb 2021 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13286

Actions (login required)

View Item View Item