IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS IV DI MI AL HUDA WARGOMULYO PRINGSEWU

BALQIS, NADA KEMALA (2021) IMPLEMENTASI METODE SOSIODRAMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS IV DI MI AL HUDA WARGOMULYO PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF
Download (762kB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran merupakan proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Prestasi belajar dalam pembelajaran dapat diukur melalui pemerolehan hasil atau nilai yang didapat oleh peserta didik melalui proses belajar, pembelajaran dapat dikatakan baik apabila peserta didik belajar dengan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta peserta didik mendapatkan sebuah pengalaman dari proses pembelajaran tersebut. Metode dijadikan alat atau cara pendidik untuk menyampaikan materi dan tujuan dari pembelajaran. Metode sosiodrama merupakan model simulasi yang menyajikan pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami konsep, prinsip, dan ketentuan tertentu dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode sosiodrama Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV di MI Al Huda Wargomulyo Pringsewu. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari hasil lapangan, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, dalam hal ini mengamati penerapan/implementasi metode sosiodrama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV di MI Al Huda Wargomulyo Pringsewu. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis data reduksi (reduction data), penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi) untuk mendeskripsikan metode sosiodrama. Hasil penggunaan metode sosiodrama yang diterapkan oleh pendidik SKI adalah cukup baik. Hal ini terlihat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi pendidik SKI dan peserta didik kelas IV MI Al Huda Wargomulyo Pringsewu menyatakan bahwa pendidik SKI sudah menerapkan metode sosiodrama dan memiliki pengaruh yang cukup baik dalam prestasi belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari langkah-langkah yang dilakukan pendidik SKI di MI Al Huda Wargomulyo Pringsewu yaitu dengan pendidik melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan memiliki dampak dari hasil pembelajaran menggunakan metode sosiodrama tersebut, pada langkah-langkah tersebut, pendidik merencanakan/merancang apa saja yang diperlukan untuk proses pelaksanaan, evaluasi dilakukan pada awal dan akhir pembelajaran untuk melihat hasil dari proses pembelajaran tersebut dan melihat hambatan serta faktor lain yang terjadi selama proses pembelajaran, dari proses pembelajaran akan terlihat hasil/dampak dari pelaksanaan pembelajaran. Kata Kunci: Metode Sosiodrama, Prestasi Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:30
Last Modified: 24 Feb 2021 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13265

Actions (login required)

View Item View Item