PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMER RETENTION BANK SYARIAH MANDIRI BANDAR LAMPUNG (Studi Pada Bank Syariah Mandiri KCP Kedaton Kota Bandar Lampung)

DANDY, ABAU MITRA (2021) PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMER RETENTION BANK SYARIAH MANDIRI BANDAR LAMPUNG (Studi Pada Bank Syariah Mandiri KCP Kedaton Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Untuk memperoleh profitabilitas yang tinggi pada perusahaan perlu adanya upaya untuk meningkatkan customer retention (mempertahankan nasabah) karena customer retention adalah kunci profitabilitas dimana kedudukan etika dipandang memiliki posisi strategis dalam kemajuan dan juga kemunduran suatu bisnis yang berdampak bagi perusahaan dan juga mitra bisnisnya, bahkan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Seiring perkembangan zaman di era globalisasi yang kian menggerus aspek moral oleh mudahnya penyebaran pemahaman serta budaya-budaya yang menyesatkan dan merusak moral etika di kehidupan bersosial maupun bisnis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh dari penerapan etika bisnis Islam terhadap retensi pelanggan pada bank.selain itu juga untuk melihat (1) Bagaimana pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap Customer Retention Bank Syariah Mandiri Bandar Lampung (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan Etika Bisnis Islam terhadap Customer Retention Bank Syariah Mandiri Bandar Lampung. Penelitian ini menggunanakan Bank Syariah Mandiri KCP kedaton sebagai objek melakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kuantitatif dan bersifat Deskriptif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer yaitu dengan menggunakan form pertnyaan yang langsung diberikan kepada sumber yang layak di jadikan sumber infornasi, data sekunder yaitu diperoleh dari bukubuku yang berhubungan dengan penelitian yang sedang di teliti. Keimpulan dapat disimpulan bahwa dari hasil pengolahan data (uji t) etika bisnis Islam mempunyai pengaruh signifikan terhadap customer retention dengan menghasilkan nilai sig 0,000 dimana < 0,05 dan nilai thitung < ttabel (4,924 > 1,664) maka secara parsial terdapat pengaruh positif antara variabel etika bisnis Islam terhadap customer retention pada Bank Syariah Mandiri KCP kedaton Kota Bandar Lampung. Artinya Bank Syariah Mandiri KCP kedaton kota Bandar Lampung telah menerapkan prinsip dalam etika bisnis Islam seperti keadilan, kebebasan, tanggung jawab, dan kebenaran. Dan Bank Syariah Mandiri KCP kedaton kota Bandar Lampung memberikan pelayanan yang memadai serta berkomitmen menjaga rahasia nasabah dengan baik dan menjaga kepercayaan nasabah dengan baik sehingga nasabah merasa nyaman dan bertahan pada Bank Syariah Mandiri KCP kedaton kota Bandar Lampung. Kata kunci: Pengaruh Etika Bisnis Islam, Customer Retention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:17
Last Modified: 22 Feb 2021 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13253

Actions (login required)

View Item View Item