INJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ADAT PERKAWINAN BUJUJOGH DALAM MASYARAKAT LAMPUNG SAIBATIN (Studi Pekon Penyandingan Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat)

MAT, RUDINI. S (2021) INJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ADAT PERKAWINAN BUJUJOGH DALAM MASYARAKAT LAMPUNG SAIBATIN (Studi Pekon Penyandingan Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat). Undergraduate thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[thumbnail of SKRIPSI MAT RUDINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam perkawinan masyarakat lampung terdapat perkawinan bujujokh yaitu suatu bentuk perkawinan yang dilakukan dengan pembayaran sejumlah uang atau barang dari pihak calon suami kepada pihak calon istri. Perkawinan bujujogh pada umumnya berlaku di lingkungan masyarakat hukum adat yang mempertahankan garis keturunan bapak (patrilineal). Permasalahan pada skripsi ini pertama, Konsep perkawinan bujujogh di Pekon Penyandingan Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat. Kedua, tinjauan hukum Islam tentang perkawinan bujujogh di Pekon Penyandingan Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat deskriftif. Pengelolaan data melalui editing, reconstructing dan sistemaziting. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dan dekomentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perkawinan bujujogh sah dalam pandangan hukum Islam. Perkawinan bujujogh juga mengalami pergeseran nilai karena sebagian masyarakat memandang sama halnya dengan perkawinan lain, hanya saja yang membedakannya adalah pemberian jujogh dan benatok saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:12
Last Modified: 22 Feb 2021 06:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13252

Actions (login required)

View Item View Item