IMPLEMENTASI FATWA DSN-MUI NOMOR 119/DSN-MUI/II/2018 TENTANG PEMBIAYAAN ULTRA MIKRO BERDASARKAN PRINSIP SYARI’AH (Studi Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Metro Madani Cabang Jatimulyo Lampung Selatan)

MURTIANA, MURTIANA (2021) IMPLEMENTASI FATWA DSN-MUI NOMOR 119/DSN-MUI/II/2018 TENTANG PEMBIAYAAN ULTRA MIKRO BERDASARKAN PRINSIP SYARI’AH (Studi Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Metro Madani Cabang Jatimulyo Lampung Selatan). Undergraduate thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembiayaan Ultra mikro Syariah diperuntukkan bagi pelaku usaha Ultra mikro yang membutuhkan sekelompok barang atau jasa yang nilainya sangat kecil Ultra mikro dan beragam jenisnya guna untuk meningkatkan usaha ultra mikro. Salah satu lembaga keuangan yang menyediakan pembiayaan Ultra mikro yaitu Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Metro Madani, Lampung Selatan yakni jika nasabah menginginkan pembiayaan ultra mikro multi barang dapat menggunakan akad Murabahah. Prakteknya setelah menyelesaikan akad Murabahah maka nasabah mendapatkan sejumlah uang untuk membeli barang sendiri yang diinginkannya. Dalam pembelian barang di sini berlaku akad wakalah. Artinya dalam praktek pembiayaan ultra mikro multi barang ada dua akad yang digunakan yaitu Murabahah lalu kemudian wakalah. Hal ini adanya perbedaan dengan ketentuan fatwa nomor 4/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murabahah yang berbunyi jika bank hendak mawakilkan kepada nasabah kepada pihak ketiga, akad jual beli Murabahah harus dilakukan setelah adanya barang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah implementasi fatwa DSN-MUI No 119/DSN-MUI/II/2018 terkait proses pembiayaan di BPRS Metro Madani cabang Jatimulyo Lampung Selatan? dan (2) Bagaimanakah Hukum Ekonomi syariah tentang implementasi fatwa DSN MUI terkait pembiayaan BPRS Metro Madani cabang Jatimulyo Lampung Selatan?. Adapun metode yang digunakan oleh penulis yaitu metode kualitatif, feild research yang bersifat deskriptif analisis serta data primer didapat dari wawancara kepada pegawai bank pembiayaan rakyat Syariah serta sejumlah nasabah yang sudah melakukan jasa pembiayaan Ultra mikro multi barang di BPRS Metro Madani, sedangkan data sekunder didapat dari hasil penelaahan serta buku-buku yang mempunyai relevansi dengan permasalahan yang dikaji. Berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi pembiayaan Ultra mikro multi barang di BPRS Metro Madani cabang Jatimulyo dalam hal penyediaan barang bank menyerahkan sejumlah uang kemudian melakukan akad wakalah untuk pembelian barang, sedangkan dalam tinjauan hukum ekonomi syariah BPRS Metro Madani cabang Jatimulyo belum sesuai dengan ketentuan fatwa tentang Murabahah, tepatnya pada ketentuan poin sembilan yaitu: jika pihak bank hendak mewakilkan kepada nasabah untuk membeli barang dari pihak ketiga akad jual beli Murabahah harus dilakukan setelah barang secara prinsip menjadi milik pihak bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:03
Last Modified: 22 Feb 2021 06:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13250

Actions (login required)

View Item View Item