PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DI TINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIS PESERTA DIDIK

LEKOK, ARITA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DI TINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[thumbnail of SKRIPSI LEKOK ARITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran Question Student Have (QSH) dengan model konvesional terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Question Student Have merupakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk aktif dalam berpendapat dan mengukur sejauh mana peserta didik memahami materi pelajaran melalui pertanyaan tertulis, bertujuan agar peserta didik dapat termotivasi dan memahami materi yang diajarkan karena terjadi timbal balik antara pendidik dan peserta didik. Sedangkan kreativitas belajar adalah hasil dari interaksi antara individu dan lingkungan untuk memikirkan tentang suatu cara yang baru. Hal yang terjadi pada penelitian ini, model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik masih mengacu pada tingkat kognitif redah, yakni ingatan dan hapalan serta pengerjaan soal Latihan, dan dalam proses pembelajaran , cendrung terpusat pada pendidik, sedangkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapa digunakan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Question Student Have. Penelitian ini dilakukan di MTs Guppi Babatan Lampung Selatan, Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Acak Kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Uji validitas item tes instrument menggunakan rumus product moment. Reliabilitas instrument tes dengan menggunakan rumus Alpha dari kronbach. Hasil analisis mengenai instrument menunjukkan instrument penelitian valid dan reliabel. Uji prasyarat analisis variansi yang dilakukan adalah uji liliefors untuk mengetahui normalitas dan uji Bartlett untuk mengetahui homogenitas, selanjutnya untuk pengujian hipotesis digunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan analisis variansi dua jalan sel tak sama dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Question Student Have (QSH) lebih baik dari pada peserta didik dengan menggunakan model konvesional terhadap pemahaman konsep matematis. (2) terdapat pengaruh kategori kreativitas belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kategori kreativitas belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci: Question Student Have, Pemahaman Konsep, Kreativitas Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2021 04:13
Last Modified: 19 Feb 2021 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13242

Actions (login required)

View Item View Item