EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK MENGURANGI DURASI BERMAIN ONLINE GAME PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG T.P 2020/2021

ERA, GUNTI (2021) EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK MENGURANGI DURASI BERMAIN ONLINE GAME PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ERA GUNTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Game online banyak sekali dijumpai oleh semua jenis kalangan masyarakat, mulai dari anak, remaja, dewasa, bahkan orangtua sering memainkannya, namun dampak dari game online tersebut sangat berbahaya untuk dirinya sendiri maupun orang lain jika penggunaannya berlebihan dan tidak dapat mengontrol dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi durasi bermain online game pada peserta didik SMP Perintis 2 Bandar Lampung dengan melakukan konseling individu menggunakan teknik behavior contract. Behavior contract adalah adanya kontrak perilaku antara konseli dsan konselor untuk merubah suatu perilaku yang diinginkan dengan kesepakatan bersama. Jenis penelitian ini yaitu Single Subjek Research (SSR) dengan design A-B-A, populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 13 peserta didik yang mengalami kebiasaan bermain online game dengan durasi lebih dari 3 jam, namun hanya satu sample dalam penelitian ini yang mengalami permasalahan di dalam keluarganya akibat dampak dari bermain online game. Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu peserta didik kelas IX E yang memiliki kebiasaan bermain online game dengan durasi waktu bermain selama 2-7 jam perhari yang dapat mempengaruhi perilaku seperti berbicara menggunakan intonasi tinggi dan lamanya respon ketika dipanggil orangtua. Alat instrumentasi dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan catatan durasi. Hasil analisis data statistic deskriptif menunjukan bahwa durasi bermain online game pada fase baseline A1 dan fase intervensi B mengalami penurunan durasi sebesar 16,6%, sedangkan pada fase intervensi B dan baseline A2 mengalami penurunan sebesar 0%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:44
Last Modified: 19 Feb 2021 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13239

Actions (login required)

View Item View Item