UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBANTU PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI UNDERACHIEVER DI SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

NI’MATURODHIYAH, NI’MATURODHIYAH (2021) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBANTU PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI UNDERACHIEVER DI SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru bimbingan konseling dalam membantu peserta didik yang mengalami underachiever di SMP Negeri 31 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil yang diperoleh merupakan hasil kata-kata, gambaran dan bukan berupa angka-angka. Laporan penelitian tersebut berupa kutipan-kutipan data yang memberi gambar penyajian. Terkait dengan penelitian ini yang dijadikan sumber data sekaligus infomasi adalah guru Bimbingan dan Konseling, wali kelas, dan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 31 Bandar Lampung. Dengan pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: Pertama, penyebab peserta didik underachiever adalah karena dua faktor: (1) faktor lingkungan yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat (2) faktor diri sendiri. Kedua, upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi peserta didik underachiever yaitu: (a) mengenali peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dengan mencari data-data peserta didik dari absensi, daftar nilai, dan catatan dari wali kelas, (b) memahami sifat dan jenis kesulitan belajar dengan memanggil peserta didik secara pribadi ke ruang guru Bimbingan dan Konseling. Ketiga, faktor pendukung pelaksanaan bimbingan dalam mengatasi peserta didik underachiever adalah memerlukan pemahaman terhadap karakteristik peserta didik secara mendalam, di samping itu juga diperlukan dukungan dan pelaksanaanya dari semua komponen yang ada di sekolah seperti: wali kelas, guru, orang tua atau wali murid, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang terbukanya peserta didik untuk menceritakan permasalahannya kepada guru Bimbingan dan Konseling dan kurangnya komunikasi antara peserta didik dan orang tua. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru Bimbingan dan Konseling yang dilakukan dengan pemberian layanan bimbingan kelompok yang diberikan oleh guru Bimbingan dan Konseling kepada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 31 Bandar Lampung secara sistematis dan berkelanjutan memberikan perubahan positif dan efektif untuk mengatasi peserta didik underachiever, peserta didik yang awalnya malas untuk mengulang pelajarannya dirumah dan kurang semangat dalam belajar kini peserta didik lebih semangat dan termotivasi untuk belajar sehingga peserta didik underachiever dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Kata Kunci : Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Peserta Didik Underachiever.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:46
Last Modified: 19 Feb 2021 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13234

Actions (login required)

View Item View Item