PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI MOTION GRAPHIC 2D PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFATSIFAT CAHAYA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENGLIHATAN DI KELAS IV SD/MI

Nursyah, Nursyah (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI MOTION GRAPHIC 2D PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFATSIFAT CAHAYA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENGLIHATAN DI KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

Abstrak Mewabahnya virus covid-19 di Indonesia mengakibatkan penghentian sementara proses pembelajaran tatap muka di sekolah guna mencegah penyebaran virus corona atau covid-19, yang mana membuat banyak pendidik mencari cara untuk mengembangkan pembelajaran siswa di rumah. Hal menjadi masalah yang melatar belakangi penelitian ini. Identifikasi masalah yang ditemukan oleh peneliti yaitu, diperlukannya pengayaan dalam penggunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan serta Pendidik belum menerapkan media Animasi Motion Graphic 2D dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kelayakan media pembelajaran Animasi Motion Graphic 2D pada mata pelajaran IPA materi cahaya di kelas IV SD/MI ? serta bagaimana respon peserta didik terhadap kemenarikan media pembelajaran Animasi Motion Graphic 2D pada mata pelajaran IPA materi Sifat-Sifat Cahaya Dan Hubungannya Dengan Penglihatan ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan animasi motion graphic 2D yang dihasilkan dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan, serta untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap media animasi motion graphic 2D. Manfaat dari penelitian ini yaitu diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemilihan suatu media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran animasi motion graphic 2D. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Brog and Gall yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, dan revisi produk. Penelitian dilakukan di dua sekolah di MIN 9 Bandar Lampung dan SD Negeri 2 Bukit Kemuning. Jenis data penelitian berupa kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi untuk mengetaui kelayakan animasi motion graphic 2D yang diberikan kepada para ahli dan angket respon peserta didik di berikan pada peserta didik serta angket penilaian pendidik di berikan pada pendidik itu sendiri. Hasil penelitian dari penilaian ahli adalah sangat layak digunakan dengan skor presentase 79,2 % untuk ahli materi, 84,167 % untuk ahli bahasa, dan 86,25 % untuk ahli media. Respon peserta didik dalam uji coba kelompok kecil adalah sangat menarik dalam menggunakan media pembelajaran berupa animasi motion graphic 2D dengan presentase sebesar 89,467 %, sedangkan dalam uji coba kelompok besar kereterianya sangat menarik untuk menggunakan media pembelajaran berupa animasi motion graphic 2D dengan presentase sebesar 88,067 %. Hasil penilaian oleh pendidik menghasilkan kategori sangat layak dengan presentase sebesar 85,5 %. Hal ini dapat disimulkan bahwa produk yang telah diuji coba dengan responden atau peserta didik “sangat menarik” sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Kata Kunci :Media Pembelajaran, Animasi Motion Graphic 2D, Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-sifat Cahaya dan Hubungannya Dengan Penglihatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Feb 2021 01:59
Last Modified: 19 Feb 2021 01:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13227

Actions (login required)

View Item View Item