Pengaruh iklim sekolah dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 BukitKemuning Kecamatan BukitKemuning Kabupaten Lampung Utara

Antoni, Azwar (2017) Pengaruh iklim sekolah dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 BukitKemuning Kecamatan BukitKemuning Kabupaten Lampung Utara. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (160kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bukitkemuning dapat dikatakan masih rendah, hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar siswa. Terdapat kesenjangan antara nilai terbaik dengan nilai terendah yang cukup besar. Iklim sekolah dan kinerja guru menjadi salah satu faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh iklim sekolah dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa SMK N 1 Bukitkemuning, Kecamatan Bukitkemuning, Kabupaten Lampung Utara. Adapun perumusan permasalahan adalah sebagai berikut : (1) seberapa besar pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar siswa ?, (2) seberapa besar pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa ?, (3) seberapa besar pengaruh iklim sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar siswa, mengetahui pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa, mengetahui pengaruh iklim sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah : (1) iklim sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa, (2) kinerja guru berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa, (3) iklim sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menganalisis data yang diperoleh berdasarkan angka-angka skoring kemudian digunakan teknik analisis data dengan menggunakan regresi linier dan regresi ganda terhadap variabel X1,X2 dan Y. Teknik penghitungan analisisnya menggunakan SPSS for windows release 17. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 guru SMK Negeri 1 Bukitkemuning Kecamatan Bukitkemuning. Sampel sebanyak 50 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Dari uji hipotesis ditemukan ada pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan memberi kontribusi 82,4 %. Terdapat pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa dengan memberi kontribusi 81,0 %. Terdapat pengaruh iklim sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa dengan memberi kontribusi 88,1 %. Pemerintahan terkait dapat memanfaatkan hasil temuan guna penetapan kibijakan makro terkait peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini sebagai acuan penetapan kebijakan mikro terkait peningkatan Motivasi Belajar siswa, dan dapat dijadikan acuan penetapan kebijakan operasional terkait peningkatan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 13 Sep 2017 02:21
Last Modified: 13 Sep 2017 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1322

Actions (login required)

View Item View Item