HUBUNGAN ANTARA CREATIVE INTELLIGENCE (KECERDASAN KREATIF) DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH GISTING KABUPATEN TANGGAMUS

UMI, LUPITA RANI (2021) HUBUNGAN ANTARA CREATIVE INTELLIGENCE (KECERDASAN KREATIF) DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH GISTING KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[thumbnail of SKRIPSI FULL UMI LUPITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara Creative Intelligence (Kecerdasan Kreatif) dengan Kemampuan Kogntif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif. Sumber data yang diperoleh berupa data primer. Adapun teknik pengambilan data berupa Angket dan soal tes. Populasi penelitian ini berjumlah 125 responden dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden menggunakan teknik penentuan sampel dengan cara teknik acak kelas. Adapun analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan Creative Intelligence (Kecerdasan Kreatif) sebagai variabel bebas atau independen dan kemampuan kognitif sebagai variabel terikat atau dependen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, hasil hipotesis Creative Intelligence (kecerdasan krestif) menunjukan r hitung > r tabel (0,929 > 0,2144) dan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha, artinya ada hubungan yang signifikan antara Creative Intelligence (Kecerdasan Kreatif) dengan Kemampuan Kognitif. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan hingga diperoleh nilai regresi linier Y= 21,852 + 1,053 X, sig.Lavel 0,000 < 0,05 (nilai alpha), maka kesimpulannya terdapat hubungan antara Creative Intelligence (Kecerdasan Kreatif) dengan Kemampuan Kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan output yang diperoleh R2 (R square) sebesar 0,863 (0,929 x 0,929) atau 86,3%. Oleh sebab itu dapat ditarik kesimpulan bahwa Creative Intelligence (Kecerdasan Kreatif) memiliki hubungan yang kuat dan signifikan dengan Kemampuan Kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhamadiyah Gisting Kabupaten Tanggamus. Kata kunci: Creative Intelligence (Kecerdasan Kreatif), Kemampuan Kognitif, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:44
Last Modified: 17 Feb 2021 04:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13214

Actions (login required)

View Item View Item