TELAAH EPISTEMOLOGI INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DI PERGURUAN TINGGI

Nova, Vivi Clara Saputri (2021) TELAAH EPISTEMOLOGI INTEGRASI SAINS DAN AGAMA DI PERGURUAN TINGGI. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK TELAAH EPISTEMOLOGI INTEGRASI SAINS dan AGAMA di PERGURUAN TINGGI Oleh Nova Vivi Clara Saputri Trend pendidikan yang terjadi pada saat ini, khususnya perguruan tinggi mengarah pada gagasan atau wacana mengenai integrasi sains dan agama. Hal itu diejawantahkan dalam visi misi masing-masing perguruan tinggi, misalnya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung dan Universitas Muhammadiyah Metro. Perguruan tinggi tersebut membuka program studi salah satunya di bidang berbasis sains, seperti fisika dan terutama biologi. Pada program studi pendidikan biologi, kedua universitas ini memiliki visi misi yang sama mengenai integrasi sains dan agama untuk mengembangkan penelitian dan proses pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan mengenai integrasi sains dan agama, mengetahui penerapan integrasikan sains dan agama serta model integrasi keilmuan sains dan agama di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung dan Universitas Muhammadiyah Metro khususnya program studi pendidikan biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi dengan sample dosen dan mahasiswa. Kata Kunci : Epistemologi, Integrasi, Sains dan Agama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:28
Last Modified: 17 Feb 2021 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13210

Actions (login required)

View Item View Item