PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI MAKANAN RINGAN DI DESA KARANG ANYAR KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

Mardiyah, Ayu Putri (2021) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI INDUSTRI MAKANAN RINGAN DI DESA KARANG ANYAR KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB1,BAB2, DAPUS  MARDIYAH AYU PUTRI.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MARDIYAH AYU PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha mikro merupakan sektor usaha yang telah terbukti berperan strategis atau penting dalam mengatasi akibat dari dampak krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998. Namun masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh usaha mikro atau home industry ini yakni kurang mampu bersaing dengan produsen besar, seperti masalah kualitas produk, kendala alat yang digunakan home industry masih menggunakan alat tradisional dan dalam pengemasan nya masih menggunakan plastik biasa sehingga berdampak pada pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan secara sistematis dan berbagai macam data yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. Sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif, desain penelitian yang digunakan yaitu studi kasus atau case-study, adalah bagian dari metode kualitatif yang hendak mendalami suatu kasus tertentu secara lebih mendalam dengan melibatkan beraneka sumber informasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah 10 orang. Rumasan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana proses produksi dalam pengelolaan makanan ringan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat melalui industri makanan ringan di Desa Karang Anyar Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran melalui pengelolahan singkong, jagung, dan tepung. Untuk mempermudah dalam mengambil data lapangan, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, interview, dan dokumentansi. Hasil dari temuan penulis bahwa Pemberdayaan Masyarakat Melalui Industri Makanan Ringan di Desa Karang Anyar Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran yang dilakukan oleh Pak Waluyo ini melalui tahapan, yaitu: pelatihan proses produksi dalam pengolahan makanan. Sehingga para ibu rumah tangga merespon dengan melakukan tindakan, karena dilihat dari kegiatan Pak Waluyo menghasilkan nilai yang positif, sehingga besar kemungkinan para ibu rumah tangga melakukan tindakan yang serupa. Dengan demikian dapat memenuhi kebutuhan, serta meningkatkan ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:44
Last Modified: 15 Feb 2021 04:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13206

Actions (login required)

View Item View Item