UPAYA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) BATIK SIGER DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI BERINGIN RAYA KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG

Tia, Yulita (2021) UPAYA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) BATIK SIGER DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI BERINGIN RAYA KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB1,2 DAPUS    TIA YULITA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI    TIA YULITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Realitas ketidakadilan bagi kaum perempuan mulai dari Subordinasi artinya suatu penilaian atau anggapan bahwa suatu peran yang dilakukan oleh suatu jenis kelamin lebih rendah dari yang lain. Realitas yang kedua yaitu adanya marginalisasi (suatu proses peminggiran akibat perbedaan jenis kelamin) menjadi makhluk Tuhan nomor dua, separuh harga laki-laki,sebagai pembantu. Perbedaan peran dan fungsi antara laki-laki dan perempuan atau yang lebih tinggi dikenal dengan perbedaan gender yang terjadi dimasyarakat, hal ini tidak menjadi suatu permasalahan sepanjang perbedaan itu tidak mengakibatkan diskriminasi atau ketidakadilan. Dalam kenyataannya perempuan seakan memposisikan perempuan sebagai kelompok masyarakat kelas dua,yang berimbas pada berkurangnya hak-hak perempuan termasuk hak untuk mendapatkan pendidikan. Untuk memecahkan permasalahan tersebut maka perlu adanya pemberdayaan bagi perempuan berupa kegiatan penanaman keterampilan bertujuan agar para perempuan mempunyai keterampilan yang sesuai sehingga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri dan kemandirian mereka. Masalah penelitian ini “Bagaimana proses pemberdayaan perempuan di LKP Batik Siger di Beringin Raya Kecamatan kemiling Kota Bandar Lampung?”. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut untuk mengindentifikasi proses pemberdayaan perempuan di LKP Batik Siger di Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Penulis melakukan penelitian ini dengan rumusan masalah : bagaimana proses pemberdayaan perempuan di LKP Batik Siger di Beringin Raya Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif. Penelitian ini memiliki 15 partisipan yaitu 2 orang struktur organisasi dan 13 orang anggota LKP batik siger. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini adalah: Proses pemberdayaan perempuan di LKP batik siger. pemberdayaan sebagai suatu proses tentunya dilaksanakan secara bertahap tidak bisa dilakukan secara instan. Berikut merupakan tahapan-tahapan pemberdayaan perempuan yang dilakukan LKP batik siger yakni: a. Penyadaraan/Motivasi b. Pelatihan c. Pembinaan/ Pendayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:36
Last Modified: 15 Feb 2021 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13205

Actions (login required)

View Item View Item