PENGARUH AIR HUJAN DAN AIR TANAH UNTUK MEMECAH DORMANSI BIJI BUAH SIRSAK (Annona muricata) DAN BUKTI KEBENARANNYA DI DALAM AL-QUR’AN (Sebagai Sumber Bahan Praktikum pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas XII IPA)

Amalia, Sarah (2017) PENGARUH AIR HUJAN DAN AIR TANAH UNTUK MEMECAH DORMANSI BIJI BUAH SIRSAK (Annona muricata) DAN BUKTI KEBENARANNYA DI DALAM AL-QUR’AN (Sebagai Sumber Bahan Praktikum pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas XII IPA). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Air merupakan sumber daya alam yang melimpah. Sekitar 71% permukaan bumi ditutupi oleh air dan kurang lebih 1,4 triliun kilometer kubik yang tersedia. Jenis air bermacam-macam seperti halnya air hujan dan air tanah. Air merupakan salah satu komponen fisik yang sangat penting dan dibutuhkan dalam jumlah besar, khususnya pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah sirsak yang selama pertumbuhannya sangat bergantung pada kondisi air. Al-Qur’an surat Yaasin ayat 33 telah menyebutkan bahwa dengan adanya air dapat menumbuhkan kembali bumi yang telah mati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara air hujan dan air tanah terhadap pemecahan waktu dormansi biji buah sirsak (Annona muricata) dan bukti kebenarannya di dalam Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan di Kebun Botani Pendidikan Biologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung. Rancangan percobaan ini adalah rancangan acak lengkap dengan 3 perlakuan yaitu menggunakan air hujan, air tanah dan akuades murni (sebagai kontrol). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa air hujan lebih efektif dalam menginduksi perkecambahan biji buah sirsak (Annona murucata) dibanding air sumur dan akuades. Konsentrasi air terbanyak juga dapat mempengaruhi waktu dan jumlah munculnya kecambah. Kata Kunci : Biji Buah Sirsak (Annona murucata), Dormansi, Air hujan, Air tanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 22 Feb 2017 04:14
Last Modified: 22 Feb 2017 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item