“ANALISIS PENGARUH HASIL PRODUKSI BUDIDAYA UDANG VANNAMEI TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM” (Studi Pada Tambak Udang Desa Bratasena Adiwarna Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2017-2020)

DIMAS, FEZARI PUTRA (2021) “ANALISIS PENGARUH HASIL PRODUKSI BUDIDAYA UDANG VANNAMEI TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM” (Studi Pada Tambak Udang Desa Bratasena Adiwarna Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2017-2020). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (860kB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

“ANALISIS PENGARUH HASIL PRODUKSI BUDIDAYA UDANG VANNAMEI TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada tambak Udang Desa Bratasena Adiwarna Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2017-2020)” ABSTRAK Usaha tambak merupakan suatu kegiatan usaha ekonomis, dimana manusia mengusahakan, mengelola, dan mengendalikan sumberdaya hayati perikanan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih demi meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pembudidaya. Pembangunan usaha tambak diarahkan untuk memperbaiki usaha budidaya perikanan yang sederhana menjadi budidaya yang maju. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka rumusan masalahnya adalah.1. Bagaimana proses produksi dan faktor-faktor produksi budidaya udang vannamei di desa Bratasena Adiwarna Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2017-2020? 2. Bagaimana produksi udang vannamei dalam mempengaruhi peningkatan perekonomian petambak udang? 3. Bagaimana hasil produksi budidaya udang vannamei dalam mempengaruhi peningkatan perekonomian petambak udang dalam perspektif ekonomi Islam? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif dan pendekatan berfikir deduktif. Pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui interview/wawancara, observasi, dan dokumentasi . Hasil penelitian menunjukan bahwa Proses produksi yang dilakukan petambak udang vannamei sudah optimal, dimana petambak memanfaatkan tanah, tenaga kerja, modal untuk menjalankan budidaya udang agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pengaruh hasil produksi budidaya udang vannamei sudah sangat berperan penting dalam peningkatan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat desa bratasena adiwarna kecamatan dente teladas. Karena hal ini merupakan kesempatan usaha para petambak dan masyarakat sebagai mata pencaharian sampingan dan sehari-hari yang sangat menjanjikan. Proses budidaya Budidaya udang vannamei yang dilakukan oleh masyarakat Desa Bratasena adiwarna sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Dimana masyarakat memproduksi dan mendistribusikan udang vannamei sesuai dengan proses yang harus di jalani, yaitu dengan bersikap adil, jujur dan tidak ada unsur riba ataupun gharar demi tercapainya kepedulian sosial guna menegakkan kesejahteraan dunia maupun akhirat dan pengaruh hasil produksi budidaya udang vannamei terhadap peningkatkan ekonomi masyarakat dalam perspektif ekonomi Islam di desa bratasena adiwarna kecamatan dente teladas, sangat efektif dan berperan penting dalam kegiatan ekonomi. Dikarenakan dengan adanya budidaya udang vannamei, para petambak dan masyarakat dapat memperbaiki keadaan ekonomi untuk kesejahteraan keluarganya dan berperan penting guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mengkonsumsi udang vannamei sehari-hari. Kata Kunci : Pengaruh Hasil Produksi Budidaya Udang Vannamei, Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:58
Last Modified: 11 Feb 2021 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13194

Actions (login required)

View Item View Item